Dark/Light Mode

Endemi Covid Diprediksi September 2022

Masyarakat Optimis, Bisa...

Sabtu, 26 Maret 2022 06:33 WIB
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Shutterstock).
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Shutterstock).

 Sebelumnya 
Lalu, angka kematian akibat Covid-19 atau fatality rate kurang dari 3 persen. Serta, level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berada pada transmisi lokal level tingkat 1.

“Saat kasus Delta naik, di bulan September sempat reproduction rate di bawah 1, namun sampai Desember mulai naik lagi. Nah, sekarang saya rasa sudah kembali mendekati 1,” kata Budi.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini menambahkan, yang paling penting dari transisi pandemi ke endemi adalah kesadaran kesiapan masyarakat menghadapi pandemi tersebut. Masyarakat harus siap dengan pencegahan dan protokol penanganan Covid- 19 jika tertular.

Baca juga : Putus Penyebaran Covid-19, Kapolri Imbau Masyarakat Dirawat Di Isoter

“Bila kesadaran dan kesiapan masyarakat sudah tinggi, masyarakat bisa bertanggung jawab atas kesehatan mereka sendiri. Itu ciri-ciri perubahan transisi dari pandemi menjadi endemi,” tandas Budi.

Netizen berharap, Indonesia bisa memasuki endemi Covid-19 tahun ini. Namun, protokol kesehatan (prokes) harus tetap dilaksanakan.

Ketua DPR Puan Maharani mendukung langkah Pemerintah menyiapkan transisi dari pandemi ke endemi Covid-19. Kebijakan yang diambil Pemerintah sebagai langkah positif.

Baca juga : Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19, Kapolri Imbau Masyarakat Tetap Tenang

“Salah satunya adalah status PPKMdi seluruh Kabupaten/Kota harus berada pada level satu,” kata Puan di akun @puanmaharani_ri.

Menurut @Binarawati13, road map yang disiapkan Pemerintah menuju transisi endemi merupakan langkah positif menuju bebas dari Covid-19.

Akun @PutraRjw bersyukur pandemi Covid- 19 segera menjadi endemi, sehingga Indonesia mampu bersaing dengan negara lain.

Baca juga : Jenderal Dudung Santri, Masa Dikatain Anti Islam....

“Semoga tahun ini Indonesia bisa memiliki status endemi,” harap @indira_sasono.

Akun @FahmiAkbr99 mendorong percepatan transisi endemi Covid-19. “Semoga mencapai herd immunity, vaksinasi komplit pada Merat 2022 dan PPKM level 1 seluruh Indonesia,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.