Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19, Kapolri Imbau Masyarakat Tetap Tenang

Selasa, 8 Februari 2022 15:19 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau akselerasi percepatan vaksinasi seluruh Indonesia, di Stadion Patriot 
Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (8/2). (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau akselerasi percepatan vaksinasi seluruh Indonesia, di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (8/2). (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat untuk tenang dan tidak panik dalam menghadapi lonjakan kasus pertumbuhan Covid-19 belakangan ini. Ia meminta warga untuk tetap disiplin protokol kesehatan (prokes), dan melakukan vaksinasi, bagi yang belum.

Imbauan tersebut disampaikan Sigit saat meninjau akselerasi percepatan vaksinasi seluruh Indonesia, di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (8/2).

"Masyarakat tidak usah panik, kemudian terganggu. Tapi, kita tingkatkan kewaspadaan, melaksanakan vaksinasi bagi yang sudah waktunya, dan tetap mematuhi serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," imbau Sigit.

Baca juga : Jaga-jaga Ledakan Kasus Covid, Pemprov DKI Siapkan 22 Ribu Bed Tambahan

Pada kesempatan itu, Sigit juga menyapa secara virtual wilayah di Indonesia yang menggelar acara vaksinasi tersebut. Mantan Kapolda Banten itu sekaligus mengingatkan kembali pesan dari Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk memaksimalkan akselerasi vaksinasi di seluruh wilayah Indonesia.

"Khususnya terkait saudara kita yang lansia. Tentunya ini memerlukan strategi. Karena memang ada yang perlu pendekatan dengan mendatangi secara langsung, karena situasi wilayah geografis yang tentunya perlu dihadapi rekan-rekan," bebernya.

Tak hanya itu, eks Kabareskrim Polri itu juga mengingatkan kepada seluruh pihak yang ada di lini terdepan dalam penanganan dan pengendalian Covid-19, untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

Baca juga : Waspada! Di 3 Provinsi Ini, Kasus Harian Covid-19 Sudah Lebihi Varian Delta

Khususnya, warga yang belum divaksin dan yang telah melewati masa enam bulan dari vaksin kedua untuk mendapatkan booster. "Karena tadi sudah disampaikan, walau pun sudah vaksin dua kali, sudah booster tetap bisa kena varian Omicron," ingatnya. 

Sigit memaparkan, vaksinasi dapat meningkatkan imunitas dan mengurangi fatalitas bagi seseorang yang terjangkit virus Corona. Berdasarkan data dari Kemenkes, kasus meninggal dunia didominasi kelompok yang belum mendapatkan vaksinasi dan lansia yang memiliki komorbid. "Itu yang menjadi prioritas," tegas mantan Kapolda Banten ini.

Sigit juga kepada masyarakat untuk mengenakan masker double atau lapis dua, jika dirasa diperlukan. Khususnya, di tempat-tempat aktivitas yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Baca juga : Prediksi Lonjakan Pasien Covid Akhir Februari, RSUD Batang Siagakan Nakes Dan 115 Bed

"Ini menjadi sumber penularan pada saat masker tidak digunakan. Itu akan terjadi. Kita tahu bahwa penularannya sangat cepat. Sehingga disiplin penggunaan masker tolong untuk tingkatkan kembali," imbau Sigit.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.