Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Semua Bisa Dilakukan, Asal Taat Prokes

Rabu, 30 Maret 2022 06:25 WIB
Ilustrasi buka puasa bersama. (Foto: SHUTTERSTOCK/Odua Images)
Ilustrasi buka puasa bersama. (Foto: SHUTTERSTOCK/Odua Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah membolehkan gelaran buka puasa bersama atau bukber di bulan puasa tahun ini. Asalkan, peserta bukber nggak ngobrol saat makan. Pandemictalks mengunggah dua meme berkaitan dengan diperbolehkanya buka puasa bersama di bulan Ramadan tahun ini.

Pertama, tertulis pernyataan Satgas Covid- 19. “Warga boleh buka puasa bersama, tapi dilarang ngobrol.”

Kedua, foto pria dan wanita yang sedang berbuka puasa bersama. Pada meme kedua ini ada dialognya.

Baca juga : Berkas Dilimpahkan, Bupati HSU Segera Disidang

“Sudah ajakin bukber selama 5 kali selama bulan puasa, kok dia gak nembak-nembak ya,” kata wanita itu dalam hatinya.

Sang pria, dalam alam pikirnya bilang, “Aku tuh sebenarnya pengen ngomong sayang sama kamu, tapi gak boleh ngobrol pas bukber.”

“Dengan pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kebiasaan buka puasa bersama nantinya sudah bisa dilakukan, hanya saja dengan beberapa catatan,” ujar Pandemictalks.

Baca juga : January Jones, Marah Dikatain Jelek Saat Tak Ber-make Up

Juru bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengimbau peserta bukber menjaga jarak. Selain itu, tidak perlu juga mengobrol pada saat makan, dan cuci tangan sebelum makan supaya kita betul-betul bersih dan sehat.

“Semua bisa dilakukan asal betul-betul adaptasinya dengan protokol kesehatan,” ujar Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia ini.

Pandemictalks menambahkan, Satgas Covid-19 bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) dan Pemerintah Daerah berusaha memastikan bahwa masyarakat memahami situasi Covid-19 di lingkungan masing-masing. Tiap daerah memiliki level PPKM berbeda, sehingga diharapkan bisa saling mengingatkan.

Baca juga : Reza Artamevia Kesepian, Ngarep Dapat Berondong

Akun @Diantyarlinda mendukung kebijakan Satgas Covid-19 yang melarang ngobrol saat bukber. Maksud aturan Satgas adalah makan dan minum diselesaikan terlebih dahulu, terus pakai masker baru ngobrol. “Pokoknya masker dibuka saat makan dan minum tanpa ngobrol,” tandasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.