Dark/Light Mode

Genjot Bisnis, Sanyo Perkuat Distribusi Dan Kualitas Produk

Kamis, 17 Maret 2022 15:11 WIB
Perusahaan elektronik asal Jepang Sanyo mempertahankan penghargaan Top Brand selama 11 tahun. (Foto: Istimewa)
Perusahaan elektronik asal Jepang Sanyo mempertahankan penghargaan Top Brand selama 11 tahun. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan elektronik asal Jepang Sanyo mampu memperkuat distribusi dan kualitas produknya di Indonesia. Merek yang dikenal dengan produk pompa air ini berhasil mempertahankan penghargaan Top Brand selama 11 tahun.

Sales Manager Sanyo Alvin Iskandar Ghazali mengungkapkan, selama ini perusahaan berusaha memaksimalkan produk yang sangat dibutuhkan market di Indonesia. Terutama produk pompa airnya yang sudah berpuluh-puluh tahun digunakan masyarakat.

"Top Brand bisa raih karena kami berusaha berinovasi untuk produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan pasar," jelas Alvin dalam keterangan pers di Jakarta dikutip Kamis (17/3).

Kontribusi Sanyo di dalam masyarakat Indonesia terbilang sangat besar. Produk-produk yang dipasarkan sangat vital dan penting. Yakni menghadirkan dan mendistribusikan produk pompa air sehingga air bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Baca juga : Tinjau Pabrik Migor, Kapolri Awasi Alur Distribusi Dan Harga Minyak Goreng Di Pasar

Peran penting tersebut sukses dipertahankan dari awal kemunculannya hingga sekarang. Total terhitung sudah 53 tahun Sanyo eksis dan hadir di Indonesia. Eksistensi yang sudah berjalan lama tersebut tuai banyak prestasi dan penghargaan. Salah satu penghargaan ternama yang pernah diraih adalah Top Brand Award.

"Penghargaan ini sukses dipertahankan selama 11 tahun berturut-turut dari 2011-2022," ucapnya seraya bersyukur.

Cakupan market yang dikuasai sudah hampir merata tersebar dari ujung barat hingga timur Indonesia. Untuk distribusi, produk Sanyo telah tersedia di berbagai toko yang menjual pompa air bagi di toko tradisional maupun modern.

Untuk mengawasi dan memonitoring luasnya cakupan pasar tersebut pihak Sanyo memiliki strategi. Strategi tersebut ialah membuka kantor cabang di wilayah barat Indonesia (Jawa, Bali dan Sumatera).

Baca juga : Stok Pj Kepala Daerah Cukup

Sedangkan untuk wilayah timur Indonesia seperti di Sulawesi Utara dan Selatan, Kalimantan, dan Papua, agen yang memegang kendali distribusi.

Selain memperkuat sisi distribusi dan layanan, dari segi produk pun juga menjadi prioritas utama. Saat ini Sanyo memiliki rangkaian produk pompa air terlengkap dari tipe terkecil 125 watt hingga pompa sumur dengan 600 watt. 

Sanyo juga selalu mengedepankan kualitas tinggi dalam setiap produknya membuat konsumen menjadi loyal dan bahkan ikut merekomendasikan. Hal tersebut membuat perusahaan terus berkembang karena masyarakat menggunakannya dari generasi ke generasi.

Menjaga eksistensi selama puluhan tahun tidak mudah, apalagi karakter konsumen terus berubah dan berganti mengikuti perkembangan jaman dan teknologi. Melihat fenomena ini, Sanyo mencoba berinovasi dengan keep up dengan kebutuhan pasar atau konsumen.

Baca juga : Festival Sarung Majalaya, Kemenkop UKM Perkuat Industri Sarung Lewat Pendekatan Klaster

Contoh inovasi terbaru bisa terlihat dalam produk pompa booster yang dihadirkan setelah melihat kebutuhan konsumen pada saat ini. Konsumen saat ini memiliki kecenderungan mayoritas tinggal dihunian bertingkat baik tempat tinggal ataupun ruko.

Berdasarkan riset itu, Sanyo berinisiasi untuk menghadirkan pompa air yang dapat membantu kebutuhan masyarakat. Pompa booster Sanyo memiliki kelebihan dalam mendistribusikan air secara stabil. Selain itu, juga tidak menimbulkan bunyi berisik dari toren ketika mengalirkan air ke banyak kran sekaligus.

Ditambah lagi kini pompa air sudah dilengkapi dengan teknologi motor yang tidak memakan banyak daya listrik dan ukuran yang lebih compact. Inovasi-inovasi tersebut diatas adalah bukti bagaimana Sanyo terus dan sukses beradaptasi dengan jaman.

Hal yang sama juga diterapkan di sisi pemasaran yang kini sangat digital. Sanyo mengikuti dan beradaptasi dengan era digital saat ini, dengan memaksimalkan fungsi media sosial seperti Facebook dan Instagram dalam melakukan promo. Pihaknya juga berbagi pengetahuan mengenai pompa air maupun informasi-informasi yang bermanfaat lainnya.[JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.