Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bertemu Berbagai Parlemen Dunia, Puan Getol Kampanyekan Isu Sosial Dan Politik

Rabu, 23 Maret 2022 12:36 WIB
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: ist)
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Puan Maharani mengusulkan, pembentukan grup kerja sama bilateral antara parlemen RI dengan parlemen di Liga Arab. Sebab, Puan memandang penting diplomasi parlemen baik secara regional dan global.

“Penting juga dilakukan kerja sama untuk memperkuat pembangunan demokrasi, kesetaraan gender terutama di sektor politik, dan hak asasi manusia,” kata Puan saat melakukan pertemuan dengan Presiden Parlemen Liga Arab, Adel Bin Abdul Rahman Al Asoomi, di sela-sela kegiatan Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Bali International Convention Centre (BICC) The Westin, Selasa (22/3).

Baca juga : Puan Makin Wangi

Selain itu juga, Puan mengajak parlemen di Liga Arab memperkuat pemulihan di masa pandemi Covid-19. Termasuk pemerataan vaksin, perubahan iklim, dan pembangunan keberlanjutan. 

"Isu perubahan iklim adalah isu kita bersama. Indonesia mengajak Arab Parliament untuk turut berpartisipasi dalam upaya menanggulangi perubahan iklim,” ujarnya. 

Baca juga : Ngobrol Bareng Parlemen Mesir, Puan Bahas Perpindahan Ibu Kota Negara

Politisi PDIP ini pun menyoroti komitmen Liga Arab yang mendukung partisipasi perempuan di parlemen. Puan menyinggung soal keterwakilan perempuan di DPR yang saat ini berada pada angka 20,8 persen atau 120 orang dari total 575 anggota parlemen.

“Indonesia mengapresiasi langkah progresif Arab Parliament melibatkan perempuan pada pertemuan parlemen di kawasan Arab dan perhatian yang diberikan terhadap isu pemberdayaan perempuan,” ujarnya. 

Baca juga : Puan Harum Di Dalam, Harum Di Luar

Diketahui, Ketua DPR Puan Maharani melakukan pertemuan dengan Presiden Parlemen Liga Arab, Adel Bin Abdul Rahman Al Asoomi. Pertemuan digelar secara terpisah di sela-sela 144th Assembly of the Inter Parliamentary Union (IPU) di Bali International Convention Centre (BICC) The Westin, Nusa Dua, Bali, Selasa (22/3). [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.