Dark/Light Mode

Melihat Gorden Anggota DPR Yang Akan Diganti 48 M

Tiang Besinya Miring, Warnanya Sudah Butek

Kamis, 31 Maret 2022 06:50 WIB
Gorden Rumah Dinas Anggota DPR di Blok F dan Blok B yang terletak di Kalibata, Jakarta Selatan. (Foto: Nur Rochmannudin/RM)
Gorden Rumah Dinas Anggota DPR di Blok F dan Blok B yang terletak di Kalibata, Jakarta Selatan. (Foto: Nur Rochmannudin/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rencana Setjen DPR mengganti gorden Rumah Dinas Anggota DPR senilai Rp 48,7 miliar terus menjadi sorotan. Seperti apa kondisi gorden lama yang ada di Rumah Dinas Anggota DPR itu? Layakkah diganti? Lalu, patutkah satu rumah dijatah Rp 90 juta untuk pembelian gordennya? Kemarin, wartawan Rakyat Merdeka Nur Rochmannudin menyambangi Rumah Dinas Anggota DPR di Blok F dan Blok B yang terletak di Kalibata, Jakarta Selatan. Berikut liputannya:

Meski ada dalam satu perumahan, Blok F dan Blok B ini berjauhan. Jaraknya hampir sekitar 1 kilometer.

Lokasi pertama yang saya kunjungi adalah Blok F. Dari jalan raya, terlihat rumah-rumah di sana bernuansa krem berpadu cokelat, tampak kekar. Namun, gordennya tidak seragam. Ada yang bertipe blinds, ada yang bertipe pleat. Ada juga yang tidak ada gordennya.

Baca juga : Benda Yang Ditemukan Di Laut Natuna Tongkang Mirip Tank, Tak Ada Senjata

Saat akan melihat lebih dekat, Saya dihadang petugas Pamdal. "Ada keperluan apa, Mas? Kalau itu (melihat-lihat), mohon izin, kami harus dapat info dari Kesetjenan DPR," ucap salah satu petugas.

Gagal di Blok F, saya geser ke Blok B. Letaknya agak jauh, harus menyeberangi rel kereta api di dekat Stasiun Duren Kalibata.

Di Blok B, saya berhasil masuk dan mengelilingi perumahan. Layaknya perumahan elite, fasilitas umum di kediaman politisi Senayan ini, terbilang rapi. Mulai dari jalan, taman, hingga saluran airnya. Seperti perumahan yang diurus.

Baca juga : Menteri LHK Tegaskan Pentingnya Penguatan Satuan Polhut Reaksi Cepat

Di salah satu rumah, saya mendapat izin masuk dan melihat-lihat kondisi gorden yang katanya akan diganti senilai Rp 80 juta-Rp 90 juta per rumah itu. "Boleh, Mas. Lihat saja. Ini kan rumah rakyat," canda salah satu Anggota DPR, yang tidak ingin disebutkan namanya.

Saya berjalan dengan leluasa. Dari lantai 1 ke lantai 2. Jalan sendiri dari satu pojok, ke pojok lainnya, kadang ditemani tuan rumah.

gorden Rumah Dinas Anggota DPR

Di lantai 1, ada sejumlah jendela yang ditutupi gorden. Di ruang tamu, ada sepasang jendela dengan lebar 60 cm dan tinggi 250 cm yang ditutup gorden. Kondisinya masih bagus, namun tutup rel gordennya sudah tidak ada. Begitu juga di ruang keluarga, besi atau relnya miring, hampir lepas dari tembok. Sementara, di dapur, dua jendelanya tidak terpasang gorden maupun besinya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.