Dark/Light Mode

Survei Indikator Politik Indonesia

Elektabilitas Melorot, Prabowo Dipepet Ganjar Dan Anies

Minggu, 3 April 2022 16:33 WIB
Survei Indikator Politik Indonesia Elektabilitas Melorot, Prabowo Dipepet Ganjar Dan Anies

 Sebelumnya 
Jokowi Masih Puncaki Top Of Mind 

Kemudian, dalam simulasi top of mind, Joko Widodo (Jokowi) berada pada posisi tertinggi 15,9 persen, disusul Prabowo dengan 12,3 persen. Kemudian, Ganjar Pranowo yang dipilih oleh 10,5 responden, dan Anies Baswedan 7,9 persen. "Nama lain lebih sedikit. Di bawah 3 persen. Sementara kebanyakan belum menyebutkan nama 41,7 persen," tandas Burhanuddin.

Baca juga : Survei IPS: Elektabilitas Gerindra Melonjak, Karena Pemilih Loyal Prabowo

Top of mind bertujuan untuk mengetahui mengetahui jawaban responden tanpa diberi pilihan jawaban. Dalam voting behaviour, jika pemilih bisa menjawab tanpa diberi petunjuk apa pun, nama kandidat tersebut sudah ada di memori pemilih.

Survei dilakukan secara tatap muka pada 11 Februari-21 Februari 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Baca juga : Survei IPS: Gerindra Melejit, Prabowo Kian Tak Terkejar

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel basis sebanyak 1.200 orang.

Sampel berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel basis 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ±2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.