Dark/Light Mode

Survei Indikator Politik Indonesia

Dianggap Wakil Luar Jawa, Nama Erick Thohir Melejit Sebagai Capres-Cawapres 2024

Senin, 4 April 2022 00:32 WIB
Erick Thohir dan Presidwn Jokowi. (Foto: Ist)
Erick Thohir dan Presidwn Jokowi. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Dalam temuan Indikator, Erick Thohir juga mampu mengungguli pasangan lainnya ketika dipasangkan dengan Prabowo Subianto. Dalam simulasi, elektabilitas pasangan Prabowo-Erick mencapai 31 persen.

"Sementara yang lainnya, Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto berada di posisi kedua dengan 29,7 persen. Di tempat terakhir ada Anies-AHY dengan 27,1 persen,” bebernya. 

Baca juga : Kinerja Kejagung Diapresiasi, Tapi Masih Harus Digenjot

Dalam simulasi dua pasangan calon, Burhanuddin melanjutkan, Erick Thohir juga mampu mendongkrak elektabilitas setiap pasangannya. Seperti ketika disandingkan dengan Anies Baswedan.

Elektabilitas pasangan Anies-Erick mencapai 41,1 persen, mengungguli Prabowo-Puan Maharani dengan 38,9 persen

Baca juga : Parpol, Institusi Dengan Tingkat Kepercayaan Terendah

Indikator Politik Indonesia melakukan survei secara tatap muka pada 11 Februari - 21 Februari 2022.

Survei ini melibatkan seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih. Atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Baca juga : Elektabilitas Melorot, Prabowo Dipepet Ganjar Dan Anies

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini, jumlah sampel basis sebanyak 1.200 orang. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel basis 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE). Sekitar ±2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.