Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

RRI Gelar PTQ Ke-52 Di Aceh, Bakal Dibuka Wapres

Jumat, 8 April 2022 21:55 WIB
Dari kiri: Ketua Dewan Pengawas LPP RRI Ahmad Mujahid Adhi Trisnanto, Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo, Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Syamsul Bahri, dan Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha Yonas Markus Tuhuleruw. (Foto: Dok. RRI)
Dari kiri: Ketua Dewan Pengawas LPP RRI Ahmad Mujahid Adhi Trisnanto, Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo, Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Syamsul Bahri, dan Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha Yonas Markus Tuhuleruw. (Foto: Dok. RRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Radio Republik Indonesia (RRI) akan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) ke-52 Tingkat Nasional Tahun 2022, di Takengon, Aceh Tengah, pada 13-15 April 2022. Acara ini direncanakan dibuka Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin.

Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Hendrasmo mengatakan, Wapres telah menyatakan akan hadir langsung untuk membuka PTQ RRI ke-52. “Bapak Ma’ruf Amin mengapresiasi dan menyambut baik digelarnya PTQ RRI ini. Wapres berharap acara PTQ RRI ini dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga dapat memberikan kesemarakan pada bulan Ramadan sebagai bulannya Al-Qur’an atau bulan turunnya Al-Qur’an,” terangnya, di Jakarta, Jumat (8/4).

Selain Wapres, kata Hendrasmo, sejumlah pejabat lain direncanakan bakal hadir. Di antaranya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi serta, sejumlah pihak dan mitra kerja RRI yang turut berpartisipasi dalam PTQ di Takengon, Aceh Tengah.

Baca juga : DSI Gelar Indonesia Dispute Board Forum, Ini Yang Dibahas

Hendrasmo bersyukur, dalam pelaksanaan PTQ tahun ini, pihaknya dapat melakukan sinergi dan kolaborasi dengan Kementerian Agama. Dewan hakim PTQ RRI tahun ini telah ditunjuk dan ditetapkan dalam acara yang disaksikan langsung Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, Direksi dan Dewas LPP RRI serta seluruh panitia di Auditorium Yusuf Ronodipuro, Jakarta, Selasa (29/3).

Untuk pelaksanaan PTQ tahun ini, RRI menggandeng Pemkab Aceh Tengah sebagai tuan rumah. Sejumlah persiapan, baik teknis maupun non teknis, telah dilakukan kedua belah pihak.

Guna lebih memeriahkan dan menyemarakkan suasana Ramadan tahun ini, selain pelaksanaan PTQ, juga digelar beberapa kegiatan lain. Di antaranya pameran, tebar benih ribuan ikan, dan seminar yang melibatkan masyarakat setempat dan stakeholder terkait.

Baca juga : Gelar RUPST, BTN Bagikan Deviden Rp 237 M

“Kegiatan pameran diselenggarakan untuk memperlihatkan hasil karya dan kearifan lokal masyarakat setempat dengan tujuan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan gairah UMKM. Pameran akan digelar selama berlangsungnya PTQ di Takengon, Aceh Tengah. Daerah yang terkenal dengan Kopi Gayonya,” tambah Hendrasmo.

PTQ RRI merupakan kegiatan perlombaan Tilawatil Qur’an Nasional paling tua. Bahkan, lebih tua dari Musabaqoh Tilawatil Wur’an (MTQ) tingkat Nasional. PTQ diselenggarakan Satker RRI di seluruh Indonesia setiap tahun pada Bulan Ramadan. Hendrasmo menyatakan, ribuan generasi muda antusias menjadi peserta kegiatan tersebut.

Hendrasmo melanjutkan, PTQ dimaksudkan bukan hanya sebagai media syiar Islam dan menyemarakkan Ramadan. Namun juga untuk memberi ruang kepada generasi muda meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, sehingga diharapkan dapat memahami isi dan kandungan Al-Qur’an sebagai penuntun menuju kualitas kehidupan beragama yang semakin baik.

Baca juga : Jokowi Terbitkan Perpres, Kemenhub Bakal Punya Wamen

Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU) yang juga Ketua Umum Panitia Yonas Markus Tuhuleruw menyatakan, PTQ 2022 mengusung tema “Rahmat Semesta, Pulih Bersama, Bangkit Perkasa”. “Terkait tema itu, kami ingin menyatukan rasa dan pikiran kita untuk bersama-sama mengimplementasikan nilai-nilai ajaran Al-Qur’an dengan menyebarkan kebaikan pada sesama, berjuang bersama agar terbebas dari belenggu Covid-19,” ujarnya. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.