Dark/Light Mode

Fadli Kasih Julukan Luhut Menkosaurus

Minggu, 10 April 2022 06:35 WIB
Politisi Gerindra Fadli Zon (kiri) dan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (kanan). (Foto: Istimewa).
Politisi Gerindra Fadli Zon (kiri) dan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (kanan). (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Melihat sederet jabatan yang sedang dan pernah dipegang Luhut ini, membuat Fadli geleng-geleng kepala. Eks Wakil Ketua DPR itu, lantas memberikan julukan baru bagi Luhut. “Menko Marinves kelihatannya sangat dipercaya Presiden. Bahkan ada yang menjuluki Menkosaurus (Menteri Koordinator Segala Urusan),” seloroh Fadli.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini menilai, Luhut memiliki peran sangat sentral di pemerintahan Jokowi. Padahal, kata Fadli, justru tugas Luhut sebagai Menko Kemaritiman dan Investasi masih banyak yang belum tuntas.

“Misal, apakah investasi yang digembar-gemborkan terealisasi atau hanya angka semata. Apakah sudah tercapai pembangunan sektor maritim, tol laut, dan sebagainya. Jangan kebanyakan jabatan, tapi hasilnya minimal atau tak ada sama sekali,” sindir Fadli.

Baca juga : Mendelegitimasi Seruan Negara

Sebelumnya, Juru Bicara Luhut, Jodi Mahardi menegaskan, selama ini bosnya bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Dia membantah anggapan kekuatan atau power politik Luhut terlalu kuat.

“Saya rasa enggak begitu. Sebagai Menko, wajar kalau Pak Menko sering melakukan koordinasi lintas kementerian,” kata Jodi.

Jodi mengakui, Luhut memang beberapa kali berkoordinasi dengan instansi di luar ranahnya. Namun, hal itu dilakukan karena diperlukan koordinasi lintas kementerian. Ia memastikan semua kebijakan Luhut sesuai dengan tugas yang diemban. Menurut Jodi, Luhut selalu patuh terhadap arahan Jokowi selaku presiden.

Baca juga : Gus Halim: Usulan Kenaikan Honor PLD Sudah Di Meja Menkeu

“Semua semata untuk menjalankan amanah yang diberikan oleh Presiden,” tuturnya.

Di dunia maya, Luhut juga rame diomongin warganet. “Mungkin Indonesia ini sudah tidak ada lagi orang pintar,” sindir @SuryaAb82641883. “Menteri segala urusan,” ledek @dotwego. “Orang pintar banyak.. orang yang berani dan bisa kerja nggak banyak..” timpal @ FAspesial.

“Dulu jaman saya SD Inpres, hapal banget nama-nama menteri dan jabatannya. Sekarang yang apal cuma Luhut, itu pun nggak hapal semua jabatannya,” canda @musafir_papa. “Hafalkan semua jabatan Luhut. Nanti keluar di ujian,” ledek @sistiawanto. “Menteri segala urusan, sampe urusan kopat kopit pun doi yang atur,” timpal @ekamulyana1408. “Pembantunya yang lain kerjanya apa? Kok dia lagi-dia lagi yang ditunjuk,” kritik @windhira19. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.