Dark/Light Mode

Mantu Hendro Panglima TNI, Mantu Luhut Pangkostrad..?

Rabu, 29 Desember 2021 08:59 WIB
Pangdam Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak (Foto: Istimewa)
Pangdam Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Kepala BIN Jenderal (Purn) AM Hendropriyono sudah mendapatkan "kado" dari Presiden Jokowi dengan pengangkatan menantunya, Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Kini, Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan berpotensi mendapat "kado" serupa bila menantunya, Mayjen Maruli Simanjuntak, diangkat menjadi Pangkostrad.

Saat ini, kursi Pangkostrad masih kosong, setelah ditinggal Jenderal Dudung Abdurachman, yang diangkat menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) pada 17 November lalu. Maruli, yang saat ini menjabat sebagai Pangdam Udayana, berpeluang besar menduduki posisi strategis tersebut.

Baca juga : Rangga Bangga Mampu Imbangi Bhayangkara

Apalagi, Maruli juga menjadi salah satu "kesayangan" Jokowi, seperti halnya Andika. Maruli pernah dipercaya Jokowi menjadi Komandan Paspampres tahun 2018-2020. Kemudian ia mendapat tugas baru sebagai Panglima Komando Daerah Militer IX/Udayana hingga sekarang. Nah, salah satu syarat menjadi Pangkostrad ialah pernah menjabat Pangdam.

Jika dihitung dari 17 November, saat Dudung dilantik menjadi KSAD, berarti kursi Pangkostrad sudah kosong selama 42 hari. Hampir 1,5 bulan.

Baca juga : Gandung Pardiman: Kalau MUI Dibubarkan, Gaduh Luar Biasa

Lalu, kapan Pangkostrad baru akan dilantik? Andika Perkasa menjelaskan, kekosongan jabatan Pangkostrad lantaran masih menunggu sidang Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

Andika menerangkan, setelah sidang Wanjakti selesai, hasilnya akan diserahkan ke Jokowi. "Kita menunggu Wanjakti, sidang Wanjakti. Nanti pasti akan dilaporkan ke Presiden. Presiden yang akan menentukan," terang Andika, di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Prajurit TNI Tewas Ditembak Teroris Papua, Panglima TNI: Kita Akan Lakukan Pendekatan Berbeda

Sebelumnya, Dudung mengatakan, kandidat Pangkostrad pengganti dirinya akan dilaporkan terlebih dulu ke Andika. Setelah itu, laporan disampaikan ke Jokowi. Meski demikian, Dudung tidak mengungkapkan siapa nama-nama kandidat yang dimaksud, termasuk Maruli yang disebut-sebut sebagai kandidat kuat pengganti dirinya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.