Dark/Light Mode

Demo Senayan Ricuh

Mahasiswa Lempari Gedung DPR, Polisi Balas Tembakan Gas Air Mata

Senin, 11 April 2022 16:02 WIB
Aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR, Senin (11/4). (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)
Aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR, Senin (11/4). (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR, Jakarta Pusat, berujung ricuh. Kericuhan bermula saat demonstran melempari Gedung DPR dan polisi menggunakan berbagai benda. Mulai dari botol air mineral, batu, kayu, hingga bambu. Pelemparan mulai terjadi sekitar pukul 15.30 WIB.

Polisi awalnya hanya bertahan dengan membuat barikade. Mereka lalu mundur ke dalam Gedung DPR. Dari sana, mereka menembakkan gas air mata. Water Canon maju dan ikut menembakkan air. Massa langsung bubar.

Baca juga : Massa Mahasiswa Padati Gedung DPR, Lalin Masih Lancar

Mereka lari berhamburan. Ada yang ke arah Jalan Gerbang Pemuda, depan TVRI, dan ada yang berlarian ke dalam tol dalam kota lewat tembok di depan Gedung DPR/MPR.

Seluruh ruas Tol Dalam Kota yang mengarah ke Senayan penuh oleh massa. Dampaknya, mobil-mobil yang ada di Tol Dalam Kota Jakarta tersebut tersendat.

Baca juga : Gitu Dong, Polisi Mulai Tangkapin Mafia Migor

Aksi tak berlangsung lama. Sebab, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran meminta personelnya berhenti menembaki massa dengan gas air mata.

Sebelumnya, tiga wakil ketua DPR dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menemui mahasiswa aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) yang menggelar demo.

Baca juga : Usaha Perajin Tahu Tempe Jalan Cuma Untuk Bertahan

Para mahasiswa ini menyerukan tuntutan menolak wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. Ketiga anggota DPR itu adalah Sufmi Dasco Ahmad, Lodewijk Freidrich Paulus, dan Rachmat Gobel.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.