Dark/Light Mode

KSP Minta KPU-Bawaslu Segera Mitigasi Berbagai Masalah Pemilu

Selasa, 12 April 2022 17:48 WIB
Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro (Foto: Dok. KSP)
Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro (Foto: Dok. KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi resmi melantik seluruh komisioner KPU dan Bawaslu periode 2022-2027, di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (12/4). Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Juri Ardiantoro mengatakan, komisioner KPU dan Bawaslu yang baru harus segera bekerja dan memitigasi kekhawatiran atas berbagai masalah pemilu sebelumnya dan yang akan datang. Seperti kerumitan teknis pemilu, beban kerja yang tinggi, anggaran yang besar, hingga konflik sosial-politik yang panjang. 

Baca juga : Ikatan Pegawai BI Sabet Penghargaan Dari Organisasi Kemanusiaan Nasional

Menurut Juri, mitigasi penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan integritas Pemilu 2024. Sehingga, pemilu tak lagi hanya seremoni politik lima tahunan. “Pemilu harus semakin memberikan harapan kepada publik, bahwa pemilu adalah kontestasi politik yang beradab,” kata Juri, di Gedung Bina Graha Jakarta, Selasa (12/4).

Baca juga : Jangan Jadi Macan Ompong

Mantan Ketua KPU ini menambahkan, pemilu harus benar-benar melahirkan wakil dan pemimpin yang benar-benar menjadi representasi kepentingan rakyat. Untuk itu, pelaksanaan pemilu jangan hanya lancar secara teknis, tapi juga memiliki kualitas dan integritas yang kuat. 

Baca juga : KSP Minta Kebijakan Bebas Karantina Bagi PPLN Tak Disalahgunakan

Juri juga menilai, komisioner KPU dan Bawaslu yang baru perlu menciptakan prosedur kandidasi dalam pemilu, yang bisa membatasi orang-orang buruk ikut kontestasi dan memenangi pemilu tanpa harus membatasi hak politik seseorang. "Tentu harapannya pemilu akan menghasilkan wakil dan pemimpin yang dekat dengan pemilihnya, memiliki track record bersih, kompeten, dan visioner," pungkas mantan Ketua Pansel KPU-Bawaslu ini. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.