Dark/Light Mode

Pilpres 2024 Tak Ada Incumbent

Semua Calon Presiden Ngarep Restu Jokowi

Sabtu, 16 April 2022 06:50 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram @jokowi).
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram @jokowi).

 Sebelumnya 
“Tidak ada larangan bagi menteri untuk menyatakan mau nyapres. Mereka tak harus mundur dari jabatannya. Itu boleh saja menurut hukum dan konstitusi,” kata Mahfud, kemarin.

Dengan catatan, para menteri tersebut tetap melaksanakan tugasnya dengan bertanggung jawab. Menurutnya, menteri maju sebagai calon presiden adalah hal yang lumrah terjadi di berbagai belahan dunia.

“Dimana-mana, di dunia ini, kabinet menjadi salah satu sumber rekrutmen kepemimpinan negara. Sumber rekrutmen lainnya adalah parpol, lembaga-lembaga negara, dan civil society organization,” tandas eks Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Baca juga : Jokpro 2024 Angkat Bicara, Setelah Spekulasi 3 Periode Distop Jokowi

Lalu kemana Jokowi akan memberikan restu? Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Siti Zuhro mengaku agak kesulitan menebak arah angin dukungan Jokowi saat ini. Meskipun sebelumnya, ungkap akademisi yang akrab disapa Wiwiek ini, banyak kalangan kerap mengaitkan Jokowi dengan Ganjar Pranowo.

“Masalahnya, bila PDIP memutuskan Puan yang maju Pilpres, lantas bagaimana dengan Ganjar? Tak tertutup kemungkin alternatif-alternatif itu yang sedang dipikirkan Jokowi,” kata Wiwiek, memberi clue, tadi malam.

Ia juga meyakini Jokowi tidak mengganti menterinya yang maju di Pilpres, apalagi menyangkut Ketua Umum Parpol. Seperti Airlangga dan Prabowo.

Baca juga : Jangan Gampang Berkesimpulan Deh

“Yang dituntut Jokowi adalah profesionalitas para pembantunya tersebut dalam menjalankan tugasnya sebagai pembantu presiden. Masalahnya, ketika mereka mencalonkan diri sebagai capres atau cawapres, maka konsentrasi mereka akan lebih terkuras ke masalah pencalonannya,” tutur Wiwiek.

Sementara pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin memperkirakan, Jokowi akan memberikan restu kepada semua menterinya yang akan nyapres tersebut.

“Namun, yang dapat restu atau dukungan Jokowi itu lebih beruntung, karena secara politik akan dibantu oleh Jokowi. Jokowi sih mungkin akan restui semuanya. Soal siapa yang paling berpeluang didukung Jokowi, itu Jokowi yang tahu,” kata Ujang, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : Wacana Reshuffle Kabinet Lebih Nampol

Namun, ia meyakini, Jokowi tidak akan memilih salah satu untuk didukung di Pilpres mendatang. “Kelihatannya Jokowi akan main disemuanya. Tidak main satu kaki, tapi bisa saja main di banyak kaki,” pungkasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.