Dark/Light Mode

Anak Usia 6-17 Tahun Boleh Mudik Tanpa Tes Covid

Alhamdulillah, Tapi Jangan Lupa Tetap Prokes Ya…

Kamis, 21 April 2022 06:10 WIB
Ilustrasi. Sejumlah calon penumpang bus menunggu jadwal keberangkatan di Terminal Kalideres, Jakarta, Rabu (20/4/2022). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom).
Ilustrasi. Sejumlah calon penumpang bus menunggu jadwal keberangkatan di Terminal Kalideres, Jakarta, Rabu (20/4/2022). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom).

 Sebelumnya 
Walaupun anak di bawah 18 tahun tidak perlu tes Covid-19 untuk mudik Lebaran 2022, mereka harus tetap didampingi orang tua. Diharapkan kegembiraan menikmati mudik Lebaran bersama anak-anak di kampung hala­man dapat terwujud dengan baik.

“Ini hadiah dari Bapak Presiden kepada anak-anak kita yang keluarganya mau me­nikmati mudik dengan lebih baik lagi. Selamat menikmati mudik,” kata Budi menambahkan.

Baca juga : Netizen Keberatan, Minta Aturannya Ditinjau Ulang

Netizen menyambut baik perubahan kebi­jakan ini. Dibandingkan aturan sebelumnya, kebijakan kali ini dinilai lebih adil.

Akun @mariskaelfitasari_iyk sebagai orang tua merasa senang dan mengapresiasi peruba­han kebijakan ini. “Begini seharusnya, dulu anak-anak nggak boleh mudik karena belum vaksin, giliran anak-anak sudah pada vaksin, masih harus tes Covid-19. Padahal usia mereka belum tersedia booster,” ujarnya.

Baca juga : Alhamdulillah, Penanganan Covid-19 Semakin Membaik

“Alhamdulillah begini dong, kan nggak lucu bapak, ibu dan adiknya nggak antigen si sulung antigen sendiri perkara usianya antara 6-17 tahun. Padahal orang tua sudah booster, adik-adiknya malah belum vaksin karena masih di bawah 6 tahun,” ungkap @shagitasukoco.

Menurut @fatmi_indah_hati, aturan baru ini sudah memenuhi aspek keadilan. “Ini baru fair,” ujarnya. “Baru ok nih aturannya, lah wong yang di bawah 6 tahun saja boleh asal didampingi orang tua yang sudah booster, masa yang sudah vaksin 2 kali musti antigen lagi kan aneh,” timpal @hafizdoll_halobalita_surabaya.

Baca juga : Alhamdulillah, Tahun Ini Saudi Buka Pintu Haji Untuk 1 Juta Jemaah

Akun @aviamedofficial mengingatkan orang tua dan anak-anak yang hendak mudik untuk terus menerapkan protokol kesehatan (prokes), baik di perjalanan maupun saat berlebaran. “Yang penting tetap pakai masker meskipun sudah divaksin booster,” ujarnya.

“Alhamdulillah, insya Allah prokes tetap dijaga, kasihan anak-anak trauma kalau soal colok mencolok,” kata @rangga_tn. “Alhamdulillah, akhirnya tahun ini bisa pada mudik termasuk anak dan remaja dan tanpa tes Covid-19 yang penting sudah vaksin dua kali,” kata @Circle0fL1fe. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.