Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Masjid Atau Lapangan

Shalat Id Boleh Tak Berjarak Asalkan Tetap Pakai Masker

Jumat, 22 April 2022 06:10 WIB
Ilustrasi. Umat muslim menunaikan ibadah Shalat Idul Adha 1441 H di lingkungan Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, Jumat (31/7/2020). (Foto: Dwi Pamdudo/Ng Putu Wahyu Rama)
Ilustrasi. Umat muslim menunaikan ibadah Shalat Idul Adha 1441 H di lingkungan Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, Jumat (31/7/2020). (Foto: Dwi Pamdudo/Ng Putu Wahyu Rama)

RM.id  Rakyat Merdeka - Shalat Idul Fitri boleh dilaksanakan di masjid atau lapangan terbuka. Bahkan, shaf shalat boleh rapat, asalkan tetap memakai masker.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Suharyanto mengatakan, masyarakat sudah diperbolehkan menjalankan ibadah Shalat Idul Fitri pada 1 Syawal tahun 1443 H di masjid atau lapangan terbuka. Terpenting, tetap memakai masker.

“untuk khatib atau penceramah, boleh membuka masker, karena jaraknya cukup jauh. Tapi, diusahakan di setiap masjid ada pelindung dari kaca, sehingga saat bicara tidak langsung mengenai para jemaah yang ada di depannya,” ujarnya.

Baca juga : Covid Masih Ada, Pemerintah Ingatkan Halal Bihalal Lebaran Kudu Terapkan Prokes

Keputusan Shalat Idul Fitri tidak berjarak merujuk hasil survei Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Bahwa, kekebalan atau imunitas terhadap Covid-19 sudah cukup tinggi, angkanya di atas 90 persen.

Suharyanto mengatakan, untuk acara berbuka puasa di masjid-masjid menjadi tantangan tersendiri bagi Satgas Covid-19 Pusat dan daerah. Soalnya saat berbuka, jemaah harus membuka masker untuk makan di tempat.

“Kami turun langsung ke masjid-masjid membagikan masker, hand sanitizer dan sabun cuci tangan,” kata dia.

Baca juga : PDI Perjuangan Gandeng BPN Amankan Aset Lahan Partai

Satgas Covid, lanjut Suharyanto, menyampaikan kepada para jemaah saat buka puasa dan makan, untuk selalu menjaga jarak. Jangan sampai timbul penularan saat acara buka puasa bersama.

Netizen mengucap syukur karena akhirnya bisa menjalankan shalat Idul Fitri di lapangan atau masjid, setelah dua tahu dilarang karena pandemi.

akun @Monaatalina rindu nuansa Shalat Id di lapangan. Selama 2 tahun ini, karena situasi pandemi, Shalat Id pun dilaksanakan di rumah masing-masing.

Baca juga : Sip, Stok Beras Dijamin Aman

“alhamdulillah. Lebaran tahun ini Shalat Id sudah bisa dilakukan di masjid atau lapangan terbuka,” ujar @pikobar_jabar.

“alhamdulillah, nggak ada lagi jarak di antara kita saat shalat Idul Fitri,” sambung @ Ziakhusnul.

akun @lawancovid19_id mengingatkan, agar situasi tetap kondusif, tetap disiplin protokol kesehatan (prokes).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.