Dark/Light Mode

Berkebaya di Antara Istri Kepala Negara, Ibu Iriana Sungguh Menawan

Minggu, 30 Juni 2019 02:30 WIB
Ibu Iriana diapit Donald Trump dan Jokowi, di sela acara KTT G20, di Osaka, Jepang. (Foto: Biro Pers Istana)
Ibu Iriana diapit Donald Trump dan Jokowi, di sela acara KTT G20, di Osaka, Jepang. (Foto: Biro Pers Istana)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ibu Iriana tampil menawan saat mendampingi Presiden Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Osaka, Jepang. Dalam sejumlah rangkaian acara, Ibu Iriana tampil dengan kebaya. Keanggunan Ibu Iriana jadi pusat perhatian ibu-ibu kepala negara lain. Warganet pun ramai-ramai memujinya.

Salah satu momen Ibu Iriana jadi bahan perbicangan adalah saat mengikuti spouse program pendamping kepala negara G20 ke Kuil Tofuku-ji, Kyoto, Jumat (28/7). Ibu Iriana langsung disambut istri Perdana Menteri Jepang, Akie Abe, yang mengenakan gaun berwarna ungu. 

Ibu Iriana tampak anggun dan menawan. Bersanggul, memakai semi kebaya yang dipadukan dengan selendang berwarna jingga kecokelatan. Di bagian atasan, lengkap dengan detail hiasan batu di kerah seperti kalung. Sedangkan pada lengan dan bawah baju kurung Iriana, ada tambahan bordir dengan warna serupa. Selendang batik cokelat dengan motif parang buketan, ia selempangkan di bahu kanannya. Warnanya sama dengan kain lilit yang dipakainya. Ibu Iriana menenteng tas tangan dan sepatu hak tinggi berbahan kulit berwarna hitam.

Baca juga : Kepala Empat, Nafsu Pacman Masih Menyala

Nah, yang menarik, saat hendak bersalaman dengan Akie Abe, Ibu Iriana berjalan cepat. Kebayanya yang 'rempong' itu, tak menghambatnya. Ia sangat leluasa. Bahkan, ia ikut memberi makan ikan koi di kolam, naik kereta tradisional Jepang, ikut tur di Kuil Tofuku-ji, dan bercengkerama dengan ibu negara lain.

Ibu Iriana bersama ibu negara lain juga menyempatkan diri ikut dalam foto bersama di depan kuil bersejarah di Jepang tersebut. Nampak di samping kanan Ibu Iriana, istri Perdana Menteri Australia, Jennifer Morrison, yang memakai gaun kebiruan. Sedang di sebelah kiri Ibu Iriana, istri Presiden Dewan Eropa, Malgorzata Tusk, yang juga memakai gaun berwarna biru.
 
Di antara 18 ibu negara lainnya, busana Ibu Iriana memang paling berbeda. Selain juga istri Presiden Turki, Emine Erdogan, yang memakai hijab dan suami PM Inggris, Philip John May, yang ikut nimbrung foto. Sementara ibu negara lain mengenakan summer dress berupa baju terusan selutut. 

Di lini masa Twitter, Ibu Iriana jadi bahan perbincangan warganet. Terutama gaya busananya yang berbeda dengan istri kepala negara lainnya. Ibu Iriana banjir pujian. Akun @friscayuwanita memuji Ibu Iriana yang mengenakan kebaya dan batik khas Indonesia. "Kebaya+batik = Indentitas otentik bangsa," kicaunya. Akun @TyasSantoso menimpali, "Cuantiknyaaa. Khas Indonesia.”

Baca juga : Pramono Anung: Idul Fitri Adalah Sarana Menjaga Persatuan

Netizen pemilik akun @HeyDiiaaahh kagum dengan keanggunan Ibu Iriana. "Kecantikan wanita Jawa asli ini mah," tulisnya sembari menautkan emoji hati. Akun @GieWahyudi ikut memuji. "Ibu Iriana anggun banget." 

Tweeps @ms_atiek mengamini. "Ibu Iriana anggun banget ya ampooonnn ku jatuh cintaaaa," cuitnya. Akun @ninunanin juga sama. "Bener-bener dah anggun, karismatik, punya pesona gitu aku bingung jelasinnya wkwk."

@BayuMonk melihat dari sudut pandang lain. "Di foto itu hanya Ibu Iriana yang membawa tas kecil. Ini menunjukkan kesederhanaan Bu Iriana, karena beliau tidak mau merepotkan ajudannya untuk sekedar membawakan tas pribadinya," kicaunya panjang. Akun @soes13 memuji cara jalan Iriana. "Ayu, jalannya gesit. Wis pokoke."

Baca juga : Ketua MPR: Ibu Negara Yang Tangguh

Ada juga warganet yanga jahat banget. Mereka malah nyinyirin Prabowo. "Kok, Mbak Titiek Suharto gak ada. Dia kan istri presiden Kertanegara," cuit @thamsoei. Akun @adtycx sama nyinyirnya. "Itu kalo Prabowo yang jadi presiden, yang di sana siapa ya." [FAQ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.