Dewan Pers

Dark/Light Mode

Survei Charta Politika

Sulit Digeser, Elektabilitas Ganjar, Prabowo, Anies Masih Teratas

Senin, 25 April 2022 15:43 WIB
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya. (Foto: Ist)
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei yang diselenggarakan Charta Politika Indonesia menunjukkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden (capres) di jika Pemilihan Umum (Pemilu) diselenggarakan saat ini.

"Kalau kita lihat data setahun atau dua tahun terakhir, kecenderungannya semakin mengerucut dan makin membesar ke tiga nama. Tiga besar ini sangat sulit digeser dalam setahun terakhir," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, saat merilis hasil survei secara virtual, Senin (25/4).

Berita Terkait : Survei Populi Center, Elektabilitas Sandiaga Teratas Jadi Cawapres

Berdasarkan simulasi terbuka, Ganjar memiliki elektabilitas sebesar 26,6 persen, disusul Prabowo (22 persen), dan Anies Baswedan (19,7 persen).

Di bawah tiga nama tersebut terdapat sejumlah tokoh yang memiliki elektabilitas di antara 3-5 persen. Yakni, Ridwan Kamil (4,1 persen), Sandiaga Uno (3,8 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (3,3 persen), dan Khofifah Indar Parawansa (3 persen).

Berita Terkait : Survei PWS, Elektabilitas Prabowo Semakin Tak Terkejar

"Kalau kita lihat tiga besar, tentu saja jauh karena dia sudah melampaui data angka 20 persen. Sementara, peringkat keempat kelima masih ada dalam angka satu digit dan beberapa nama lain," bebernya.

Pola serupa juga muncul dalam simulasi tertutup sepuluh nama. Ganjar berada di posisi teratas dengan elektabilitas 29,2 persen, diikuti Prabowo (23 persen), dan Anies (20,2 persen).

Berita Terkait : Elektabilitas Prabowo Tembus 60 Persen Dalam Simulasi Head to Head

Elektabilitas enam nama lainnya masih berada di bawah 5 persen, yakni Sandiaga (4,9 persen), Ridwan Kamil (4,8 persen), AHY (3,4 persen), Khofifah (3,3 persen), Puan Maharani (1,8 persen), Erick Thohir (1,5 persen), dan Airlangga Hartarto (1 persen).

Hasil survei ini juga menunjukkan, Sandiaga Uno merupakan sosok dengan elektabilitas tertinggi sebagai calon wakil presiden dengan angka 25,4 persen.
 Selanjutnya