Dark/Light Mode

Survei Indikator Politik Nasional

Elektabilitas 60 Persen, Diadu Dengan Siapa Pun Prabowo Menang

Rabu, 27 April 2022 14:41 WIB
Peneliti senior Indikator Publik Nasional Ike Sihotang saat merilis hasil surveinya, Rabu (27/4). (Foto: Zoom)
Peneliti senior Indikator Publik Nasional Ike Sihotang saat merilis hasil surveinya, Rabu (27/4). (Foto: Zoom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Indikator Publik Nasional merilis hasil survei nasional untuk membaca potensi nama-nama tokoh yang digadang-gadang akan maju dalam Pilpres 2024 mendatang.

Salah satu simulasi yang dilakukan untuk mencari data pembanding adalah dengan melakukan head to head terhadap nama-nama capres potensial.

Hasilnya, Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum DPP Partai Gerindra jauh lebih unggul jika dihadapkan dengan nama-nama tokoh lain.

Baca juga : Elektabilitas Sandi Tertinggi, Jomplang Dengan Kang Emil

"Bila Pilpres dilaksanakan saat ini, bila Prabowo berhadapan dengan Ganjar, Anies, AHY, dan Puan maka elektabilitasnya berada di atas 50 persen, bahkan tembus 60 persen saat berhadapan dengan Airlangga. Sementara capres lainnya hanya berada di bawah 50 persen saja," ujar peneliti senior Indikator Publik Nasional Ike Sihotang saat merilis hasil surveinya, Rabu (27/4).

Dari data yang dipublikasikan oleh Ike, Prabowo Subianto mendapatkan 54,1 persen suara jika dihadapkan dengan Ganjar Pranowo yang hanya mendapat 39,0 persen dengan undecided voters 6,9 persen.

Kemudian jika dihadapkan dengan Anies Baswedan, Prabowo Subianto juga masih tetap unggul di angka 54,4 persen dan rivalnya 34,7 persen dengan undecided voters 10,9 persen.

Baca juga : TNI Teratas, DPR Urutan Buncit Lembaga Paling Dipercaya Masyarakat

Ketika dihadapkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Prabowo Subianto mendapatkan 55,2 persen dan rivalnya 29,6 persen dengan undecided voters 15,2 persen.

Selanjutnya, jika dihadapkan dengan Puan Maharani, Prabowo Subianto juga lebih unggul di angka 58,9 persen dan rivalnya 22,4 persen dengan undecided voters 18,7 persen. 

Terakhir, jika dihadapkan dengan Airlangga Hartarto, Prabowo jauh lebih unggul lagi,, yakni mendapatkan 61,4 persen. Sementara Ketua Umum Partai Golkar itu hanya mendapatkan 17,0 persen saja, dengan undecided voters berada di angka 21,6 persen.

Baca juga : Survei Charta Politika, 68,5 Persen Responden Setuju Reshuffle Kabinet

Data Indikator Publik Nasional ini pun terafirmasi dengan data lainnya, di mana untuk mengukur popularitas dan likeabilitas masing-masing individu tokoh yang disodorkan, Prabowo menjadi sosok yang paling terkenal dan paling disukai oleh publik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.