Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tangkap Bupati Bogor

Firli Hidup Lagi

Kamis, 28 April 2022 07:47 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (Foto: Tedy O Kroen/RM)
Ketua KPK Firli Bahuri (Foto: Tedy O Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah sorotan akibat kalah gesit dari Kejaksaan Agung dalam menangani mafia minyak goreng, KPK sukses menangkap Bupati Bogor, Ade Yasin. Ketua KPK Firli Bahuri, yang kemarin-kemarin redup, kini "hidup" lagi.

Operasi Tangkap Tangan alias OTT terhadap Ade Yasin dilakukan Selasa (26/4) malam. Dalam operasi itu, Satgas KPK menangkap 12 orang di tempat yang berbeda. Mereka antara lain Ade Yasin dan pejabat BPK Perwakilan Jawa Barat. Malam itu juga, para pihak yang ditangkap itu, digiring ke Gedung KPK, dan langsung diperiksa secara maraton.

Plt Jubir KPK, Ali Fikri mengatakan, operasi ini dilakukan karena ada dugaan pidana korupsi pemberian dan penerimaan suap dalam pengurusan laporan keuangan Pemkab Bogor. Tersiar kabar bahwa Ade menerima suap dari rekanan yang mengerjakan proyek di Kabupaten Bogor. Uang suap tersebut kemudian akan digunakan Ade untuk menyuap pejabat BPK Perwakilan Jawa Barat.

Baca juga : Ditangkap KPK, Bupati Bogor Ade Yasin Punya Harta Rp 4,1 M, Utangnya Rp 140 Juta

Meski begitu, Ali belum merinci kasus ini. Kata dia, penyidik masih melakukan pemeriksaan selama 1x24 jam. "Perkembangannya nanti akan disampaikan lebih lanjut," kata Ali, melalui pesan singkat, kemarin.

Jubir berlatar belakang jaksa itu mengungkapkan, Satgas menyita sejumlah uang dalam pecahan rupiah saat melakukan OTT. "Jumlahnya hingga kini masih dihitung dan dikonfirmasi kembali kepada pihak-pihak yang ditangkap," ungkapnya.

Penangkapan Ade jadi prestasi tersendiri bagi Firli Cs. Dengan keberhasilan ini, berarti Firli Cs sudah 19 kali melakukan OTT.

Baca juga : Bupati Bogor Diciduk KPK, PPP Tunggu Penjelasan Resmi

Dengan bangga Firli pun tampil memberikan penjelasan. Mantan Kapolda Sumatera Selatan ini menyatakan, akan memberi penjelasan secara rinci setelah penyidik selesai menerima Ade.

"Kami sedang dan masih terus bekerja. Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat dan seluruh pihak sehingga KPK bisa melaksanakan tugas-tugas pemberantasan korupsi," kata Firli, di akun Twitter @firlibahuri, kemarin.

Kata dia, dalam menangani kasus ini, KPK juga berkoordinasi dengan BPK Jawa Barat. Sebab, ada salah satu pejabat mereka yang ikut ditangkap. "Kami sedang berkoordinasi untuk penjelasan bersama dengan lembaga tempat oknum tersebut bekerja," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.