Dark/Light Mode

Bawa Spirit Kerukunan, PKS Kukar Dukung Pembangunan IKN

Kamis, 28 April 2022 07:47 WIB
Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Firnadi Ihsan. (Foto: Istimewa)
Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Firnadi Ihsan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Firnadi Ihsan mengatakan, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah memberikan spirit kebersamaan masyarakat. Khususnya di dalam peningkatan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

"Kepindahan IKN di Kaltim memberi semangat kebersamaan anggota masyarakat dan kerukunan antar umat beragama," kata Firnadi dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (28/4).

Bahkan ia juga menegaskan, selama ini, ia tidak menemukan adanya pertentangan pembangunan IKN Nusantara oleh masyarakat lokal. Sehingga ia berpendapat, mayoritas masyarakat Borneo itu menyambut positif rencana pembangunan IKN tersebut.

Baca juga : Telkom Konsisten Dukung Perubahan Iklim

"Sampai saat ini, tidak ditemukan ada kelompok yang kontra atau menolak atau gesekan antar umat beragama dalam menyikapi kepindahan IKN di Kaltim," ujarnya.

Malahan kata Firnadi, situasi hubungan dan kerukunan antar umat beragama di Kalimantan Timur semakin terjalin dengan sangat baik. Hal inilah yang mebuat dirinya mengambil kesimpulan, bahwa kepindahan IKN memberikan semangat kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Kukar.

"Masyarakat Kukar sampai saat ini sangat yakin bahwa IKN Nusantara pasti pindah di Kaltim, sejauh ini tidak ada masyarakat yang mempersoalkan IKN, justru berharap agar segera dilaksanakan pembangunannya," ungkap Firnadi.

Baca juga : Lewat Digital, Telkom Dukung Pengusaha Lokal Pontianak Naik Kelas

Lebih lanjut, ia juga sependapat ketika berbagai keinginan masyarakat lokal bisa dipenuhi oleh pemerintah pusat serta Badan Otorita IKN Nusantara.

"Sangat setuju apabila kepentingan kearifan lokal tetap diakomodir dalam proses pembangunan IKN, jangan sampai warga asli Kutai yang punya kualitas yang bagus tidak ditempatkan dalam struktur Badan Otorita IKN," tandasnya.

Misalnya, meskipun Sultan Kutai tidak memiliki otoritas pemerintahan, namun perlu dihargai dan didukung dalam menjaga pelestarian Kasultanan Kutai Kartanegara sebagai simbul budaya. "Sehingga memberi ciri khas terhadap kawasan IKN Nusantara," pungkasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.