Dark/Light Mode

Ganjar Shalat Id Di Lapangan Pancasila, Happy Lihat Tingginya Antusiasme Warga

Senin, 2 Mei 2022 12:32 WIB
Gubernur Jawa Tengah (tengah) Shalat Idul Fitri di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Senin (2/5). (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah (tengah) Shalat Idul Fitri di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Senin (2/5). (Foto: Humas Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melaksanakan Shalat Idul Fitri di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Senin (2/5). Ini menjadi yang pertama, setelah dua tahun sebelumnya Ganjar melaksanakan secara terbatas di rumah jabatannya.

Seperti keterangan Humas Pemprov Jateng, Ganjar berangkat pukul 06.00 WIB dari kediaman dinas. Di lokasi, Ganjar langsung bergabung dengan jemaah yang telah memadati kawasan Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang. Antusiasme masyarakat yang terus berdatangan pun membuat panitia memberi tambahan waktu lima menit.

“Suasananya luar biasa. Tadi kita undur lima menit karena antusiasme masyarakat yang tadi sempat berlari-lari, tentu suasananya sangat menggembirakan,” ujar Ganjar, ditemui usai Shalat Id.

Baca juga : Dukung Masyarakat Sholat Ied, PLN Siapkan Layanan Pasang Sementara

Ganjar melanjutkan, dalam khutbah, khatib menyampaikan pesan yang dalam tentang Islam rahmatan lil alamin. Yaitu yang bisa ditunjukkan dengan perilaku tidak menyebar hoaks serta menjaga persatuan dengan memberikan nilai kebaikan.

“Masyaallah, ini sesuatu yang menurut saya luar biasa yang bisa didengar setelah dua tahun. Kita tidak bisa mengikuti Shalat Idul Fitri berjemaah seperti ini, dan tentu saja menjadi kebahagiaan kita semuanya,” kata Ganjar.

Kebahagiaan juga dirasakan Nur, warga Randusari, Semarang. Setelah dua tahun melaksanakan Shalat Id di rumah, Nur sangat senang bisa kembali mengikuti salat berjemaah di Simpang Lima.

Baca juga : Tata Cara Shalat Idul Fitri Di Lapangan

“Ya senang, karena saya tiap tahun juga Shlat Id di sini. Cuma dua tahun kemarin di rumah, ini bisa di sini lagi seneng banget,” katanya.

Senada disampaikan Syawal, warga Jakarta, yang turut mudik ke Semarang. Dia gembira karena bisa melengkapi ritual Lebaran setelah dua tahun tidak shalat berjemaah di tempat terbuka.

“Alhamdulillah bisa shalat jemaah bareng-bareng. Ramai banget yah, tapi juga pada pakai masker. Ya seneng lah,” ucapnya.

Baca juga : FSP Panasonic Gobel Gelar Pelatihan Teknik Pendingin Untuk Eks Napiter

Ganjar melihat pelaksanaan Shalat Idul Fitri berjamaah di Lapangan Pancasila Simpang Lima berjalan lancar. Sebagian besar masyarakat juga tampak mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker.

Usai shalat, Ganjar berpesan pada masyarakat untuk tetap menjaga prokes saat melaksanakan ritual lebaran yakni bertandang ke sanak saudara. Paling sederhana, kata Ganjar, agar selalu memakai masker.

“Pasti setelah ini akan piknik, pasti akan setelah ini akan bertandang ke keluarga. Saya titip pesan tetap jaga protokol kesehatan, yang paling simpel pakai maskernya,” tandas Ganjar. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.