Dark/Light Mode

Jadi Khatib Sholat Id, Gubernur Mahyeldi Ajak Warga Sumbar Jaga NKRI

Senin, 2 Mei 2022 13:44 WIB
Gubernur Mahyeldi saat menjadi khatib Sholat Idul Fitri, Senin (2/5). (Foto: Antara)
Gubernur Mahyeldi saat menjadi khatib Sholat Idul Fitri, Senin (2/5). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi yang bertindak sebagai Khatib Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah mengajak masyarakat Sumatera Barat menjadi yang terdepan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai penerus semangat para pendiri bangsa yang sebagian besar berasal dari provinsi itu.

"Founding father Indonesia diantaranya adalah orang Sumbar karena itu menjaga keutuhan NKRI adalah sebuah keniscayaan bagi kita sebagai penerus semangat tokoh-tokoh itu," ujarnya di Masjid Raya Sumbar seperti dilansir Antara, Senin (2/5).

Baca juga : Jadi Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman Punya Harta Rp 7,6 M

Ia menyebut semangat kebangsaan harus dikedepankan dalam kerangka NKRI. Tidak boleh mendahulukan kepentingan kelompok yang berpotensi memunculkan perpecahan.

"Jangan mau kita diadu domba, dipecah belah oleh berita hoaks. Oleh orang-orang yang memiliki kepentingan sendiri," ujarnya. 

Baca juga : Gubernur NTB Ajak Warga Jaga Kamtibmas Saat Gelaran MotoGP

Menurutnya toleransi adalah salah satu kunci untuk bisa menghargai perbedaan sehingga keutuhan bangsa tetap terjaga.

qIa juga menyerukan masyarakat di Sumbar maupun di rantau untuk terus bersatu, bersama membangun daerah karena salah satu kelebihan Sumbar adalah banyaknya perantau yang memiliki potensi dalam mendukung kebangkitan daerah.

Baca juga : Capai Tujuan SDGs Desa, Gus Halim Ajak Kolaborasi Mahasiswa

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan makin landainya kasus Covid-19 perlu disyukuri karena berbagai kegiatan mulai bisa dilakukan termasuk tradisi mudik, ibadah Sholat Idul Fitri dan silaturahim antarsesama.

"Meredanya kasus Covid-19 juga memberikan ruang bagi perantau untuk berwisata. Mari tetap ikuti seruan pemerintah agar pandemi selesai," ujarnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.