Dark/Light Mode

Kebutuhan BBM Naik 41 Persen, Tapi Pertamina Sukses Jaga Pasokan

Tak Ada Kelangkaan, Tak Ada Antrean

Senin, 9 Mei 2022 06:40 WIB
Direktur Utama PT Pertamina (persero) Nicke Widyawati (kanan), didampingi Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono menjelaskan persiapan BBM untuk arus balik di Jakarta, Jumat (6/5/2022). (Foto : KHAIRIZAL ANWAR / RM)
Direktur Utama PT Pertamina (persero) Nicke Widyawati (kanan), didampingi Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono menjelaskan persiapan BBM untuk arus balik di Jakarta, Jumat (6/5/2022). (Foto : KHAIRIZAL ANWAR / RM)

 Sebelumnya 
Bukan hanya BBM untuk kendaraan darat yang dipantau. Di Command Centre ini, Pertamina juga bisa mengecek pasokan bahan bakar lainnya, solar, gas hingga avtur. Termasuk untuk kebutuhan transportasi umum kereta api, kapal laut hingga pesawat terbang. Menurut Nicke, seluruh data ini adalah aset. Menjadi panduan untuk pengambilan keputusan cepat. Sekaligus jadi bahan evaluasi dan kajian penting bagi arus mudik lebaran tahun-tahun berikutnya. Pertamina jadi bisa mempelajari, bagaimana pola pergerakan mudik sekaligus strategi mempersiapkan pasokan BBM-nya.

Dengan sistem seperti ini, maka kebutuhan stok BBM tidak lagi dipukul rata. “Misalnya, dulu ditetapkan stok harus 21 hari. Tapi kita tidak tahu, dimana lokasi BBM yang butuh stok banyak. Dan di mana yang butuhnya sedikit,” kata Nicke. Sistem digital yang diterapkan di PIEDCC, sangat efektif, dan telah berhasil melakukan efisiensi BBM, hingga senilai 800 juta US Dollar. Saat arus mudik, kebutuhan BBM meningkat signifikan di jalur tol Trans Jawa dan jalur non tol di Pantura dan jalur selatan. Bahkan SPBU di sejumlah kota, kenaikannya bisa tiga kali lipat biasanya.

Baca juga : Hebat, Tidak Ada Kelangkaan Dan Tak Ada Antrean BBM

Nicke memperkirakan, kondisi yang sama terjadi saat arus balik pekan ini. “Stok dan penyaluran BBM dalam kondisi aman dan lancar. Pertamina menjamin seluruh layanan BBM, khususnya Solar, Pertalite, Pertamax dan Avtur dalam kondisi normal,” kata Nicke. Saat menjelaskan pasokan BBM terintegrasi itu, Nicke ditemani oleh Direktur Logistik dan Supply Chain Mulyono. Ikut hadir Dirjen Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji.

Bagaimana memasok BBM ke lokasi-lokasi jalur mudik yang macet? Nicke rupanya menemukan solusi cerdas. Bekerja sama dengan kepolisian, Pertamina meminta truk-truk tangki bisa masuk jalur contra flow dan dikawal aparat agar bisa melakukan pengisian BBM di jalur padat pemudik. Sedangkan untuk kebutuhan BBM di jalur yang tidak ada SPBU-nya, Nicke mengirim pasokan BBM dengan motor tangki. Motoris ini bisa menerobos jalur padat atau terpencil sekalipun. “Sangat membantu karena motoris boleh masuk tol dan dijaga polisi,” kata Nicke. Pasukan tangki motor ini jumlahnya lebih dari 300 dan bekerja non stop.

Baca juga : Arus Balik Lebaran, Pertamina Pastikan Stok Dan Penyaluran BBM Aman

Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengapresiasi usaha Pertamina dalam menjamin ketersediaan dan penyaluran BBM untuk masyarakat. Keberhasilan ini tak lepas dari upaya baik manajemen Pertamina dan Kementerian ESDM yang melakukan peninjauan langsung ke lapangan di masa Ramadan dan Idul Fitri maupun pemantauan lewat PIEDCC.

“Apresiasi sebesar-besarnya kepada Pertamina membantu pemerintah dalam mendistribusikan energi sehingga arus mudik berjalan lancar, nyaman. Kami tidak melihat kelangkaan BBM,” kata Tutuka.

Baca juga : Dukung Mudik Aman Dan Sehat, Rumah Pertamina Siaga Sediakan Layanan Kesehatan Gratis

Ini adalah dedikasi sepenuh hati dari Pertamina. Di tengah kondisi geopolitik dan krisis dunia yang berat, bisa tetap bekerja hebat dan profesional, mengamankan pasokan BBM untuk masyarakat. Minyak goreng langka, kita bisa merebus atau mengukus. Tapi, kalau BBM sampai langka, dampaknya luar biasa. Bisa mengguncang keamanan negara. Karenanya, mari beri dua jempol untuk totalitas kerja yang ditunjukkan Pertamina. [Ratna Susilowati]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.