Dark/Light Mode

Bertemu Pegiat Kebudayaan Betawi

Erick Thohir: Kebudayaan Jangan Hanya Dilestarikan, Tapi Juga Dikembangkan

Kamis, 12 Mei 2022 18:07 WIB
Erick Thohir mengunjungi Padepokan Pitulung, Sadulur Congkok di Jalan Belakang Kelurahan No. 48 Rt 03/Rw 03, Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta. (Foto: Ist)
Erick Thohir mengunjungi Padepokan Pitulung, Sadulur Congkok di Jalan Belakang Kelurahan No. 48 Rt 03/Rw 03, Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah arus deras modernisasi, pegiat kesenian Betawi masih tetap bertahan hingga kini. Mengapresiasi hal itu, Erick Thohir mengunjungi Padepokan Pitulung, Sadulur Congkok di Jalan Belakang Kelurahan No. 48 Rt 03/Rw 03, Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Dalam kunjungannya, Erick Thohir melakukan dialog dan menyerap aspirasi dari pegiat kesenian Betawi. Saat di lokasi Erick Thohir disuguhkan dengan berbagai atraksi kesenian budaya Betawi seperti silat, palang pintu, lenong, serta tarian khas Betawi.

Baca juga : KPK, Polri, Dan Kejaksaan Diminta Turun Tangan Berantas Praktik Mafia Tambang

Dalam sambutannya, Pimpinan Padepokan Pitulung Congkok Bapak Bahtiar atau biasa disapa Abah Meong mengatakan, dirinya menyampaikan aspirasi teman-teman di pegiat budaya bahwa mereka mempunyai tekad yang sama dalam mengembangkan budaya.

"Jadi teman-teman di budaya, wabil khusus yang tergabung di Asabri ini, mereka tidak hanya ingin melestarikan budaya. Karena menurut kami melestarikan budaya kita, museum kan saja sudah cukup, selesai. Tapi kita bertekad mengembangkan budaya, dikembangkan budayanya," ujarnya.

Baca juga : Ini Catatan Keberhasilan Kementerian BUMN Mensukseskan Ritual Mudik Lebaran 2021

"Kalau kita tidak kembangkan, satu contoh belajar silat Betawi dua tahun, selesai. Kalau gak di kembangkan, anak kita selesai nongkrong di pasar jadi jawara. Kita nggak mau seperti itu, kita mau anak kita dari tradisi menuju prestasi, kita mau seperti itu," tambah Erick. 

Abah Meong mengungkapkan dirinya Inging menciptakan anak-anak bangsa yang kuat dari budaya. "Kita lebih fokus pembinaan, karena silat menjadikan anak anak kita, anak anak bangsa kita menjadi anak anak yang kuat. Alhamdulillah anak-anak yang ikut silat, anak anak saya, tidak ada yang kena narkoba," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.