Dark/Light Mode

Bertemu Pegiat Kebudayaan Betawi

Erick Thohir: Kebudayaan Jangan Hanya Dilestarikan, Tapi Juga Dikembangkan

Kamis, 12 Mei 2022 18:07 WIB
Erick Thohir mengunjungi Padepokan Pitulung, Sadulur Congkok di Jalan Belakang Kelurahan No. 48 Rt 03/Rw 03, Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta. (Foto: Ist)
Erick Thohir mengunjungi Padepokan Pitulung, Sadulur Congkok di Jalan Belakang Kelurahan No. 48 Rt 03/Rw 03, Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Menanggapi hal itu, Erick Thohir menegaskan dirinya sepakat, bahwa dibutuhkan pengembang dalam melestarikan kebudayaan.

Baca juga : KPK, Polri, Dan Kejaksaan Diminta Turun Tangan Berantas Praktik Mafia Tambang

"Insya Allah silaturahmi ini bukan yang pertama dan terakhir, dan insya Allah kita coba jaga bagaimana kebudayaan kita. Insya Allah kita bekerja sama bagaimana kita membuat kegiatan tahunan, supaya tadi, saya setuju, bahwa mengembangkan budaya atau pencak silat tidak hanya dibutuhkan kejuaraan, tapi juga pengembangan," ungkap Erick.

Baca juga : Ini Catatan Keberhasilan Kementerian BUMN Mensukseskan Ritual Mudik Lebaran 2021

Erick mengatakan, pertandingan dan pengembangan harus berjalan beriringan dalam menjaga budaya. "Bahwa kebudayaan ada yang namanya pengembangan, ada yang namanya pertandingan, dua-duanya harus berjalan seiringan. Demikian juga dengan budaya Betawi lainnya. Inilah yang harus kita jaga, kalau kita bicara lenong. Kalau nggak kita jaga, ya hilang," ingatnya.

Baca juga : Kemendikbudristek Tawarkan Jalan Kebudayaan Untuk Hidup Yang Berkelanjutan

"Insya Allah pokoknya bukan yang pertama dan terakhir. Yang penting kita tadi silaturahmi merajut saling ngejaga, saling menghormati," tutup Erick. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.