Dark/Light Mode

Wawancara Eksklusif Dengan Dubes RI Di Filipina

Marcos Yang Dulu, Beda Dengan Marcos Sekarang

Kamis, 19 Mei 2022 06:55 WIB
Dubes Filipina Agus Widjojo. (Foto : Rakyat Merdeka / RM.id).
Dubes Filipina Agus Widjojo. (Foto : Rakyat Merdeka / RM.id).

RM.id  Rakyat Merdeka - Terpilihnya Ferdinand “Bongbong” Marcos Jr dalam Pilpres Filipina, bikin banyak pihak waswas. Termasuk sebagian publik di Tanah Air. Banyak yang khawatir Bongbong akan seperti ayahnya, Ferdinand Marcos Sr, yang dikenal sebagai diktator dan koruptor. Namun, ternyata Marcos yang sekarang berbeda dengan Marcos yang dulu.

Perbedaan ini dipaparkan Duta Besar Indonesia untuk Filipina, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, dalam wawancara eksklusif dengan awak redaksi Rakyat Merdeka, secara virtual, kemarin. Mantan Gubernur Lemhanas ini berpandangan, sosok Marcos senior dan Marcos junior tidak bisa disamakan. Karena, keduanya hidup di zaman dan kondisi yang berbeda.

Baca juga : Badai Tropis Megi Di Filipina Tewaskan Sedikitnya 115 Orang

"Pemerintahan Marcos junior sekarang ini terjadi dalam kondisi dan konteks yang berbeda," paparnya.

Kondisi dan konteks yang berbeda itu, diyakini akan berefek berbeda pula pada kebijakan yang dilahirkan. Baik kebijakan internal maupun eksternal. Meskipun tidak bisa ditebak secara pasti. "Kita masih menunggu ke mana arah dan kebijakan luar negeri Filipina dalam administrasi yang sekarang," sambungnya.

Baca juga : Dulu, Kita Trauma Banget Sekarang Sudah Enggak

Dubes Agus lalu menjelaskan, kemunculan Bongbong dalam kancah perpolitikan Filipina tidak ujug-ujug. Bongbong sudah melalui proses panjang. Dia juga sudah mendapat penerimaan yang tinggi dari warga negara berjuluk Mutiara Laut dari Orien ini. Buktinya, Bongbong berhasil menduduki sejumlah jabatan politik strategis, sebelum pada akhirnya terpilih sebagai presiden.

"Pernah jadi Gubernur Provinsi Ilocos Norte, pernah jadi anggota DPR dan pernah jadi anggota senator. Senator beneran ini," terang pria usia 74 tahun yang masih tampak segar bugar ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.