Dark/Light Mode

Inisiasi Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN

Lutfi Berusaha Selamatkan Perekonomian Yang Rapuh

Kamis, 19 Mei 2022 06:45 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi dan para menteri ekonomi ASEAN foto bersama di Ayana Resort and Spa, Jimbaran, Bali, kemarin.
Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi dan para menteri ekonomi ASEAN foto bersama di Ayana Resort and Spa, Jimbaran, Bali, kemarin.

 Sebelumnya 
“Kami mengadakan diskusi dan pertukaran pandangan yang produktif tentang upaya dan strategi kolektif ASEAN untuk mengatasi banyak isu regional dan global. Pertemuan ini juga untuk mengurangi dampak yang berpotensi merugikan ekonomi ASEAN dan mendorong pemusatan ASEAN dalam memperkuat integrasi ekonomi,” ungkap Lutfi.

Ia meyakini, pertemuan ini menjadi tonggak sejarah ASEAN. Mengingat, apa yang dicapai dalam KTT ASEAN-AS belum pernah terjadi sebelumnya. Sehingga, keberhasilan dalam KTT tersebut merupakan momentum untuk membawa ASEAN dari negara berpenghasilan menengah ke negara maju.

Baca juga : Politisi PKB: Pergantian Menteri Sepenuhnya Hak Presiden

Selain itu, ASEAN merupakan komunitas yang saat ini paling relevan dan berharap bisa mempromosikan negara-negara di dalamnya untuk memaksimalkan potensi yang dimilikinya. Sehingga hal yang harus dilakukan adalah meningkatkan kerja sama dan kontribusi terhadap ekonomi dunia.

“Hanya dengan bersatu, kita dapat melindungi pertumbuhan stabil yang telah kita nikmati, dan bahkan mempercepat perjalanan kita menuju tujuan bersama,” ujar mantan dubes RI untuk AS itu.

Baca juga : Ketum KADIN: Indonesia Berpeluang Jadi Katalisator Perekonomian Global

Kata Lutfi, ASEAN telah menghadapi tantangan dan risiko konflik yang berasal dari peristiwa berbeda di seluruh dunia. Di antaranya perang dagang, proteksionisme modern, dan melemahnya sistem perdagangan multilateral. Ada juga tantangan baru seperti perubahan iklim, gangguan digital, dan inflasi.

“Fokus untuk ASEAN sekarang tidak hanya untuk pulih, tapi membangun ASEAN yang lebih kuat. Kita harus selalu memiliki pola pikir membuat ASEAN hebat kembali,” cetus Lutfi.

Baca juga : Pemerintah Kudu Cepat Sediakan Vaksin Halal...

Di tempat yang sama, Pan Sorasak mengapresiasi inisiasi yang ditawarkan Lutfi. Dengan adanya pertemuan ini, para menteri dapat bertukar pikiran tentang upaya dan strategi kolektif ASEAN untuk mengatasi masalah regional dan global.

“Dengan itu, saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Pak Lutfi atas pengaturan yang sangat baik untuk menyelenggarakan pertemuan penting ini di pulau yang indah, dan keramahan yang hangat,” pungkasnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.