Dewan Pers

Dark/Light Mode

Puan Atau Ganjar? Gibran: Dua-duanya Baik

Jumat, 20 Mei 2022 07:43 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan salam komando dengan Direktur Utama Rakyat Merdeka Kiki Iswara Darmayana, saat berkunjung ke redaksi Rakyat Merdeka, kemarin. (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan salam komando dengan Direktur Utama Rakyat Merdeka Kiki Iswara Darmayana, saat berkunjung ke redaksi Rakyat Merdeka, kemarin. (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Rakyat Merdeka, kemarin. Wali Kota Solo itu menyebut kedatangannya ke dapur redaksi sebagai “mampir” karena kebetulan sedang berada di Jakarta.

“Mohon maaf ini mendadak. Saya penasaran, belum pernah berkunjung ke sini. Jadi ingin mengenal,” katanya.

Gibran datang pukul setengah tiga sore. Tanpa pengawalan. Dan sangat santai. Berbatik dan mengenakan sneakers warna hitam.

Berita Terkait : Menkeu Singapura Temui Ganjar Di Kediamannya

Gibran malah banyak ditanya-tanya soal politik selama ngobrol dengan redaksi. Ada pertanyaan yang tajam-tajam.

Misalnya, bagaimana peluang Pak Ganjar Pranowo itu nyapres? Ada juga pertanyaan: Mas Gibran ini kenal dekat, baik dengan Mbak Puan Maharani juga dengan Pak Ganjar Pranowo. Bagaimana dan seperti apa hubungan dan komunikasi Mas Gibran dengan keduanya?

Putra pertama Jokowi itu mengatakan, “Pak Ganjar dan Ibu Puan itu atasan saya. Saya dekat dengan beliau berdua. Kalau Gubernur ke Solo, saya dampingi. Kalau Ketua DPR ke Solo, ya saja juga mendampingi. Semuanya saya dampingi. Saya jemput. Bahkan pulang pun saya antar. Sampai masuk pesawat dan take off. Bahkan saya pantau juga pesawatnya, untuk memastikan mereka sampai ke tujuan dengan selamat,” jawabnya.

Berita Terkait : Ganjar Mimpikan Lirikan Megawati

Kata Gibran, Pak Ganjar dan Ibu Puan, semuanya baik. “Kalau soal Pak Ganjar nyapres, itu urusannya senior-senior. Saya anak bawang saja,” ujarnya.

Apakah Mas Gibran berminat nyalon gubernur? Di Jateng atau DKI? Menjawab ini, gaya Gibran merespons mirip dengan ayahnya. “Saya belum mikir. Tahun 2024 masih lama. Nanti sajalah soal itu,” katanya.

Sekarang ini, fokus mengurus Solo dulu. Akibat pandemi Covid sekitar dua tahunan, semua kepala daerah mendapatkan tantangan berat. Sehingga jabatan yang lima tahun itu, sebetulnya efektif kerjanya hanya tiga tahun saja.

Berita Terkait : Lebih Banyak Keluar Kandang

“Dulu Pak Jokowi juga sering jawab nggak mikir, nggak mikir, kalau ditanya soal pencalonan gubernur atau pencapresan tapi jadi,” ujar Pemimpin Redaksi Rakyat Merdeka, Riky Handayani. Gibran merespons. “Ya, nanti orang yang akan menilai kok.”

Direktur Utama Rakyat Merdeka, Kiki Iswara Darmayana menimpali, di mana pun Mas Gibran nanti bertugas, diharapkan bekerja dengan baik dan mendapatkan dukungan dari masyarakat.

“Rakyat Merdeka menantikan kiprah Mas Gibran selanjutnya. Entah itu akan ke Jawa Tengah atau ke Ibu Kota,” kata Kiki.
 Selanjutnya