Dark/Light Mode

Didukung Kemendagri, Kemenpan RB, Dan ESQ

Pemprov Sumbar Luncurkan ASN Ber-AKHLAK

Sabtu, 21 Mei 2022 18:12 WIB
Didukung Kemendagri, Kemenpan RB, Dan ESQ Pemprov Sumbar Luncurkan ASN Ber-AKHLAK

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) melaunching Core Values ASN Ber-AKHLAK atau Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa di lingkupnya, Jumat (20/5).

Kegiatan yang digelar secara offline di Kantor Gubernur Sumbar serta online melalui Channel Youtube dan Zoom Meeting tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi bersama Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy.

Selain itu, hadir Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara ( PANRB) Qlex Denni, Founder ESQ Group dan ACT Consulting Ary Ginanjar Agustian, Ketua Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia Gita Ariadi, Wali Kota dan Bupati beserta wakilnya dan Sekretaris Daerah se-Provinsi Sumbar.

Baca juga : Diskusi Kemendagri: DOB Percepat Pembangunan di Papua

Sedangkan secara daring melalui zoom meeting hadir Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro serta 1.235 ASN Provinsi Sumbar beserta perangkat daerahnya.

"Kalau saya menerjemahkan Ber-AKHLAK ini di samping terjemahan ataupun akronim dari Kemen PANRB , Ber-AKHLAK ini sudah memiliki makna yaitu hubungan antara makhluk dengan kholiq atau penciptanya," tutur Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya.

"Jadi dalam suksesnya ASN menjalankan tugasnya sesuai dengan branding yang dihadirkan oleh Kemen PANRB  bahwa Ber-AKHLAK itu menyangkut nilai-nilai seperti Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif," tambahnya.

Baca juga : Masuki Musim Kemarau, Kementan Imbau Petani NTT Proteksi Diri Dengan AUTP

Pria yang akrab disapa Buya Mahyeldi itu melanjutkan, hal itu akan terjadi dan terbentuk ketika hubungan manusia di dalam kerja baik dengan sang kholiq atau dengan Allah SWT.

"Jika melihat dalam kurikulum berbangsa dan bernegara, maka ini sangat jelas sekali di dalam dokumen-dokumen kehidupan berbangsa dan bernegara bahwa di dalam Undang-Undang Dasar, kita mengatakan bahwasannya kemerdekaan ini lahir atas berkat, rahmat dan karunia Allah Tuhan yang Mahakuasa. Dan di dalam pembukaan Undang Undang Dasar itu berbunyi bahwa kemerdekaan yang kita raih ini atas berkat, rahmat Allah serta pertolongan darinya," paprnya.

Ia berharap launching Core Values ini tidak hanya sampai di sini. Mahyeldi menginginkan nilai-nilai ini dapat diinternalisasikan di tingkat Kabupaten/Kota, OPD masing-masing. Sehingga apa yang di cita-citakan bisa terlaksana.

Baca juga : Dorong Pemulihan UMKM, Danone Indonesia Bersama Pemda DKI Luncurkan Saung Interaktif

"Untuk itu, kami minta kepada BKD, BPSDM untuk memfasilitasi kegiatan selanjutnya bersama Kemendagri, Kemen PANRB dan ESQ .Sehingga dalam waktu cepat pesan hari ini tersampaikan kepada seluruh ASN Sumbar. Dan juga terimakasih dan supportnya kepada Pak Ary sebagai motivator serta pembangunan karakter dari ESQ," harapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.