Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Donasikan Buku Di Gebyar Pemuda Mauk, ICMI Kabupaten Tangerang Apresiasi Para Penggerak Literasi

Minggu, 22 Mei 2022 18:45 WIB
Ketua Dewan Pakar (ICMI) Kabupaten Tangerang Komarudin (kiri) saat acara donasi buku, di Mauk, Minggu (22/5). (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Pakar (ICMI) Kabupaten Tangerang Komarudin (kiri) saat acara donasi buku, di Mauk, Minggu (22/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Kabupaten Tangerang Komarudin turut serta menyukseskan kegiatan Gebyar Pemuda Mauk 2022 di Kantor Kecamatan Mauk, Minggu (22/5).

Acara dengan tema Harmoni Literasi & Toleransi itu diadakan oleh Dewan Pimpinan Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPK KNPI) dan Relawan Literasi Indonesia (Relasi), serta dihadiri kurang lebih 300 peserta dari berbagai forum dan organisasi kepemudaan.

Hadir saat pembukaan acara, Komarudin tampak membagikan sejumlah buku, salah satunya, karya Syaikh Nawawi Al-Bantani Bahjatul Wasail: Penghantar Manusia Meraih Kebahagiaan Sejati.

“Syaikh Nawawi ulama Banten yang karyanya dikenal dan dikagumi dunia, tapi kadang kita sendiri sebagai orang Banten tidak tahu, tidak baca karya beliau,” ujar Komarudin dalam sambutannya, Minggu (22/5).

Baca juga : Promosikan Pariwisata, AP II Hidupkan Lagi Parade Budaya Nusantara Di Soetta

Ia menjelaskan, kedalaman dan keluasan ilmu ulama asal Tanara, Serang, itu harus dijadikan inspirasi dalam membangun budaya literasi. Karya-karyanya diakui dunia serta berkontribusi terhadap kemajuan peradaban Islam.

“Saya sangat mendukung kegiatan seperti ini, sebab menurut data UNESCO literasi kita masih sangat rendah, hanya 0,001 persen, artinya dari 1.000 orang cuma satu yang rajin baca,” ujarnya.

Atas kondisi tersebut, dia mengapresiasi seluruh pihak yang terus menggalakkan gerakan literasi seperti forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) mulai tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga kelurahan atau desa-desa.

Komarudin berharap, penggerak literasi yang kebanyakan terdiri dari kalangan anak muda mampu menumbuhkan minat baca masyarakat.

Baca juga : Pakai Formalin, 2 Tempat Pemotongan Ayam Di Tangerang Digerebek Polisi

“Tema kita ini sangat relevan dengan kondisi saat ini. Di saat di negara lain terjadi konflik antar saudara, kita berupaya menguatkan harmoni dan toleransi melalui budaya literasi,” ujarnya.

Ia meyakini budaya literasi yang tinggi mampu memperkuat toleransi dan harmoni dalam kehidupan masyarakat. Sebab di samping memperluas wawasan, literasi disebut mencerahkan pikiran dan menghaluskan budi pekerti.

“Di depan kita ini (para narasumber) orang hebat semua. Seperti Kang Maman ini patut dicontoh karena telah banyak melahirkan banyak karya yang penting dibaca,” tandasnya.

Serangkaian acara turut meramaikan Gebyar Pemuda Mauk 2022 seperti Talk Show dengan narasumber Kang Maman Suherman (Pegiat Literasi Nasional), Cecep Suryana (Direktorat PMPK Kemendikbudristek), Ade Irawan (Direktur Visi Integritas), dan Imam Priyono (Presenter). Bertindak sebagai pembuka acara Bupati Tangerang yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid.

Baca juga : Banteng Mau Dongkrak 70 Persen Kursi DPRD

Selain itu, diadakan pula bedah buku, donasi buku, bazar UMKM, serta sejumlah penampilan seperti pencak silat, rampak bedug, tari Cukin, barongsai, marching band, dan konser amal.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.