Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

SPEKTRA, Pantau Realisasi Anggaran Program Prioritas Nasional BKN

Minggu, 22 Mei 2022 18:49 WIB
Peluncuran Sistem Perencanaan Anggaran dan Keuangan Terintegrasi (SPEKTRA) oleh BKN di Aula lantai 5 Gedung I Kantor BKN Pusat, Jumat (20/5). (Foto: Istimewa)
Peluncuran Sistem Perencanaan Anggaran dan Keuangan Terintegrasi (SPEKTRA) oleh BKN di Aula lantai 5 Gedung I Kantor BKN Pusat, Jumat (20/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Transformasi digital di lingkungan pemerintah terus digencarkan dengan melakukan inovasi dalam berbagai bidang termasuk dalam tata kelola keuangan negara.

Salah satu inovasi tersebut yakni Sistem Perencanaan Anggaran dan Keuangan Terintegrasi (SPEKTRA) yang diluncurkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Aula lantai 5 Gedung I Kantor BKN Pusat, Jumat (20/5).

Karo Keuangan BKN Wahyu selaku penggagas SPEKTRA, yang juga peserta Pendidikan Kepemimpinan Nasional (PKN) II di Lembaga Admiistrasi Negara (LAN) tahun 2022 mengatakan, melalui SPEKTRA, BKN dapat melakukan pemantauan atau monitoring dan pengendalian terhadap program Prioritas Nasional (PN) BKN terkait realisasi anggaran dan kegiatan.

Baca juga : Teten Genjot Program Digitalisasi Usaha Kecil

Prioritas Nasional yang tersebar di sejumlah unit kerja BKN itu dapat dipantau realisasi anggarannya secara realtime di manapun dan kapanpun.

"Monitoring dan pengendalian tersebut bertujuan agar target yang telah ditetapkan dapat direalisasikan sesuai rencana dengan output dan outcome yang maksimal," kata Wahyu.

Wahyu menambahkan, lahirnya SPEKTRA juga merupakan tindak lanjut Nota Kesepahaman antara Direktorat Sistem Informasi Teknologi Perbendaharaan Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan dan Sekretaris Utama BKN tentang Interkoneksi Data SAKTI dari Monitoring Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (MONSAKTI) ke SPEKTRA-BKN.

Baca juga : Starbucks Indonesia Investasi Dana Hibah Untuk Program Kewirausahaan

Peluncuran SPEKTRA dihadiri oleh Plt. Kepala BKN, Wakil Kepala BKN, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, dan Pratama BKN Pusat dan seluruh Kepala Kantor Regional BKN di seluruh indonesia serta undangan dari beberapa Kementerian dan Lembaga.

Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama, Satya Pratama menyatakan, SPEKTRA mengintegrasikan data dan sistem internal BKN dengan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) milik Kementerian Keuangan. SPEKTRA berpeluang menjadi role model bagi kementerian/lembaga (K/L) lain dalam  meningkatkan kualitas data, kecepatan dan ketepatan pengelolaan keuangan.

"Kemampuan SPEKTRA dalam mengintegrasikan sistem internal BKN ini berkontribusi dalam peningkatan nilai Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE)," jelasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.