Dark/Light Mode

Mau Gabung Koalisi Airlangga Asal Jadi Capres

Cak Imin Mimpi? Bangun Dong

Selasa, 24 Mei 2022 06:30 WIB
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. (Foto: Ist)
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Sementara, Ketua Fraksi PAN DPR, Saleh Partaonan Daulay meminta Imin membentuk koalisi baru daripada bergabung ke KIB. "Kalau Cak Imin yakin, saya kira masih terbuka lebar peluang untuk maju. Tinggal membentuk koalisi saja. Kalau membentuk yang baru, bisa bikin persyaratan sendiri," ujar Saleh.

"Justru, kita juga akan senang jika Cak Imin bisa dapat tiket dari koalisi dengan partai-partai lain. Artinya, harapan kita akan muncul lebih dari 2 pasangan calon dapat terwujud," tambah Saleh.

Baca juga : Cak Imin: PKB Mau Gabung Koalisi Indonesia Bersatu, Asalkan Saya Yang Jadi Capresnya

Terkait figur capres, Saleh mengatakan, terlalu cepat jika KIB menetapkan capres saat ini. Anggota koalisi juga belum membahasnya.

"Sekarang, masih tahap menghimpun gagasan dan pemikiran dari semua pihak. Termasuk melihat dan mereview perkembangan elektabilitas calon-calon yang akan bertarung di 2024 nanti," tuturnya.

Baca juga : Koalisi Airlangga Ambyar Jika….

Lalu apa kata pengamat? Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah melihat, penawaran Imin masih masuk akal, setidaknya karena beberapa hal. Pertama, elektabilitas Imin jika dibandingkan dengan Airlangga, Zulkifli Hasan, atau Suharso Monoarfa, memang lebih baik. Sehingga memungkinkan Imin menawarkan posisi capres untuk bergabung.

PKB pun dalam nuansa yang sama, yakni cukup baik jika dibandingkan PAN, PPP, bahkan dengan Golkar sekalipun. PKB punya kans pemilih NU yang terbukti memenangkan Jokowi-Maruf Amin.

Baca juga : Koalisi Airlangga Bisa Dijual Ke Capres Non Partai

"Mungkin saja dalam proses diplomasi politik Muhaimin diterima, meskipun dengan situasi terpaksa. Karena PKB bisa menjadi kunci keseimbangan koalisi, tidak saja bagi Koalisi Indonesia Bersatu, tetapi bisa juga untuk koalisi rival," pungkasnya.

Warganet pun ikut mengomentari keinginan Imin maju capres. Menurut mereka, Imin lagi bermimpi. “Cak imin saya sarankan jangan terlalu jauh mimpi jadi Presiden. Urus dulu partai yang benar dan besarkan partai,” ujar @_BroZams. “Cak Imin,...Cak Imin, mimpi kali ah mau jadi capres, bangun say, bangunan,” cuit @Isabell010305. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.