Dark/Light Mode

Sowan Ke NU-Muhammadiyah, Jadi Saksi Nikah Adik Jokowi

Andika Mulai Dikibarkan

Selasa, 24 Mei 2022 07:45 WIB
Panglima TNI Jenderal Andi Perkasa saat sowan ke Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. (Foto: Instagram)
Panglima TNI Jenderal Andi Perkasa saat sowan ke Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain tokoh politik yang lagi sibuk mempersiapkan diri menghadapi 2024, Panglima TNI Jenderal Andi Perkasa mulai banyak mendapat “panggung”. Contohnya, kemarin, Andika sowan ke NU dan Muhammadiyah. Andika juga bakal menjadi saksi nikah adiknya Presiden Jokowi. Sepertinya, nama Andika mulai dikibarkan nih...

Kemarin, Andika berkunjung ke markas PBNU, di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat. Andika dan rombongan tiba pukul 09.00 WIB. Kedatangan mantan KSAD ini, disambut hangat dan ramah oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

Dalam pertemuan ini, Gus Yahya sengaja mengenakan peci berwarna hitam dan kuning pemberian dari mertua Andika, AM Hendropriyono. Sementara, Andika mengenakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL). Andika lalu mendapat hadiah sorban hijau, yang langsung dikenakannya di bagian pundak.

Baca juga : Borong, Lalu Musnahkan

"Saya pagi ini (kemarin) sengaja datang ke PBNU. PBNU termasuk organisasi yang harus saya datangi,” kata Andika, usai melakukan pertemuan dengan Gus Yahya.

Andika sebenarnya sejak lama ingin sowan. Namun, baru kesampaian kemarin karena banyak kerjaan kantor dan konsolidasi internal yang harus dituntaskan. "Tapi, masuk enam bulan ini, saya merasa cukup memahami detail-detail di internal, sehingga sudah saatnya saya orientasi ke luar," imbuh jenderal bertubuh kekar itu.

Andika menjelaskan, pertemuan dengan PBNU membicarakan Program Bela Negara yang diluncurkan Kementerian Pertahanan. “Apa yang bisa kami lakukan bersama, tak lain buat negara kita makin kuat. Nanti ada follow up dan kerja sama setelah saya mengumpulkan internal dan melihat program kerja dan anggaran tahun ini,” terangnya.

Baca juga : Sowan Ke Muhammadiyah, Dubes Selandia Baru Jajaki Kerja Sama Pendidikan

Gus Yahya mengamini. “Kami berdiskusi intens membangun gerakan bela negara. Akan kami kembangkan antara NU dan TNI. Tadi pembicaraan hangat dan saya merasa ini pembicaraan dari hati ke hati,” ucap Gus Yahya.

Gus Yahya melanjutkan, Andika sudah sangat memahami NU. “Saya sampai pikir, jangan-jangan Pak Andika ini NU juga. Kayak orang berjodoh. Bersyukur sekali dan mudah-mudahan bisa menghasilkan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara,” canda kakak dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas itu.

Tuntas di PBNU, Andika melanjutkan sowan ke Muhammadiyah, di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat. Kedatangan Andika disambut hangat Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir. "Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan terima kasih atas silaturahmi ini," ucap Haidar.

Baca juga : Jokowi Dan Bamsoet Jadi Saksi Pernikahan Putri Hary Tanoe

Kebersamaan Muhammadiyah dengan TNI sudah terjalin lama. Berkat jasa Jenderal Sudirman yang berdarah Muhammadiyah. "Jenderal Sudirman itu kan kader Muhammadiyah sehingga jiwa kebangsaan dan kenegaraan itu menyatu dengan TNI, demikian juga sebaliknya dengan jiwa keagamaan Pancasila dan kebudayaan luhur bangsa yang menyatu dengan Muhammadiyah," sambungnya.

Dia bilang, pertemuan kali ini membahas masalah kebangsaan. Mulai dari nilai-nilai Pancasila, agama, kebudayaan luhur bangsa, pendidikan, kesehatan, sampai pencegahan korupsi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.