Dark/Light Mode

Sowan Ke NU-Muhammadiyah, Jadi Saksi Nikah Adik Jokowi

Andika Mulai Dikibarkan

Selasa, 24 Mei 2022 07:45 WIB
Panglima TNI Jenderal Andi Perkasa saat sowan ke Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. (Foto: Instagram)
Panglima TNI Jenderal Andi Perkasa saat sowan ke Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Andika menyampaikan, TNI akan bekerja sama dengan Muhammadiyah dalam bidang kesehatan untuk daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) dan antar-pulau. Apalagi, Muhammadiyah telah memiliki program kapal apung yang melayani kesehatan bagi masyarakat di pulau terpencil.

"Kami punya 116 rumah sakit, tapi Muhammadiyah punya 118. Lebih banyak dari kami. Belum lagi sekolah-sekolah. Ini menunjukkan dengan sumber daya sendiri, Muhammadiyah memberi contoh bagaimana meningkatkan sumber daya manusia, menggerakkan UMKM, yang itu semua sudah dilakukan oleh Muhammadiyah selama ini," puji Andika.

Baca juga : Borong, Lalu Musnahkan

Selain banyak sowan, Andika punya agenda lain yang juga jadi menjadi “panggung” baginya. Kamis (26/5), Andika akan menjadi saksi pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik Presiden Jokowi, Idayati, di Solo. Di acara itu, Andika akan satu meja dengan Mensesneg Pratikno.

"Pak Pratikno ditugasi menjadi saksi mempelai perempuan. Sedangkan saksi dari mempelai pihak laki-laki adalah Pak Andika Perkasa," terang Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banjarsari, Solo, Arbain, kemarin.

Baca juga : Sowan Ke Muhammadiyah, Dubes Selandia Baru Jajaki Kerja Sama Pendidikan

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin melihat, kesibukan Andika di luar Markas TNI bisa dipandang sebagai upaya untuk mengibarkan namanya. Semakin banyak “panggung”, Andika akan semakin berkibar.

“Kelihatannya begitu. Agar nanti setelah pensiun dan masuk politik, sudah banyak berkomunikasi dengan banyak tokoh," ulas Ujang, kemarin.

Baca juga : Jokowi Dan Bamsoet Jadi Saksi Pernikahan Putri Hary Tanoe

Sejauh ini, Andika juga sering masuk radar survei untuk 2024. Untuk kandidat capres, elektabilitasnya memang masih kecil. Namun, untuk kandidat cawapres, Andika sudah punya modal lumayan.

Berdasarkan hasil survei KedaiKopi, Andika berada di urutan kedua kandidat cawapres. Untuk peringkat pertama, diduduki Sandiaga Uno dengan 67,0 persen, kedua Andika Perkasa 12,3 persen, diikuti Puan Maharani 8,6 persen, dan Erick Thohir 5,5 persen.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.