Dark/Light Mode

Khofifah Ajak Warga Jatim Beli Dan Pakai Produk Lokal

Kamis, 26 Mei 2022 07:49 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan). (Foto: Instagram)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk membeli dan memakai produk lokal. Hal ini dia sampaikan di sela kunjungan ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka misi dagang Provinsi Jawa Timur ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Pangkal Pinang, Selasa (24/5).

Khofifah mengatakan, ajakannya ini tidak terbatas pada barang saja. termasuk juga obyek pariwisata, baik wisata alam maupun wisata budaya. Ajakan ini juga berlaku untuk warga luar daerah.

“Saya mengajak kita bersama, saatnya gotong royong memulihkan perekonomian rakyat melalui belanja produk-produk lokal. Baik dari sisi APBD maupun dari masyarakat juga,” jelasnya.

Baca juga : Hari Raya Waisak, Puan: Momentum Saling Membantu Dan Jaga Kerukunan

Khofifah menceritakan bahwa berbagai upaya saat ini telah mulai dilakukan di kabupaten/kota untuk terus menggerakkan perekonomian, setelah beberapa tahun terakhir terdampak pandemi.

Di antaranya, Khofifah memberi contoh, Kota Surabaya. Di Kota Pahlawan itu terdapat rangkaian acara menyambut Hari Jadi Kota Surabaya pada 31 Mei mendatang. Salah satunya , menggunakan produk lokal.

“Saya berharap ajang ini dapat menjadi kebangkitan perekonomian masyarakat Jatim, khususnya UMKM di Kota Surabaya,” ujarnya.

Baca juga : China Siap Kirim Bantuan Tangani Covid Untuk Korut

Khofifah menjelaskan, sebagaimana pernyataan Presiden Jokowi, bahwa gejolak perekonomian global akibat pandemi harus dapat perhatian dari semua pihak.

Satu di antaranya, pada strategi membelanjakan uang pada produk dalam negeri. Minimal 40 persen belanja Pemerintah Pusat dan Daerah, serta belanja barang dan modal Badan Usaha Milik negara (BUMN) harus dialokasikan untuk membeli produk dalam negeri . Utamanya, pada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Menurutnya, ini juga tindak lanjut atas target yang ditetapkan Pemerintah Pusat kepada Jawa Timur, agar membelanjakan APBD untuk Produk Dalam Negeri (PDN) dan UMKM sebesar Rp 26,8 triliun pada 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.