Dark/Light Mode

BIN Resmikan Gedung Medical Intelligence ``Wangsa Avatara`` Dan Smart Campus ``Dr. (HC) Ir. Soekarno``

Hadapi Ancaman Perang Hybrid, Kita Semakin Siap

Selasa, 31 Mei 2022 06:40 WIB
Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan dan Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri saat meresmikan Gedung Medical Intelligence “Wangsa Avatara” & Smart Campus “Dr. (HC) Ir. Soekarno” di halaman utama kampus STIN Sentul, Bogor, kemarin.
Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan dan Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri saat meresmikan Gedung Medical Intelligence “Wangsa Avatara” & Smart Campus “Dr. (HC) Ir. Soekarno” di halaman utama kampus STIN Sentul, Bogor, kemarin.

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain ancaman medik seperti merebaknya pandemi Covid-19 yang menyerang dunia, ada banyak ancaman lain yang lebih kompleks yang harus kita antisipasi. Salah satunya, ancaman perang hybrid. Untungnya, semakin ke sini, kita semakin siap menghadapi beragam ancaman tersebut.

Kesiapan siagaan itu, salah satunya ditunjukkan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) yang terus memperkuat sumber daya manusia dan kecanggihan teknologi.

Baca juga : BIN Resmikan Smart Campus Dan Medical Intelligence Wangsa Avatar, Bamsoet Beri Jempol

Kemarin misalnya, BIN meresmikan penggunaan dua fasilitas baru: Gedung Medical Intelligence “Wangsa Avatara” di kawasan Kompleks BIN di Pejaten Jakarta Selatan, serta Smart Campus “Dr. (HC) Ir. Soekarno” di lingkungan Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) Bogor. Peresmian berlangsung serentak dalam upacara yang digelar di halaman utama Kampus STIN Sentul, Bogor, Senin (30/5).

Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri menjadi inspektur upacara sekaligus meresmikan kedua fasilitas tersebut. Juga hadir antara lain Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menkopolhukam Mahfud MD, Menhan Prabowo Subianto, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Baca juga : Migor Curah Dikhawatirkan Harganya Meroket Kembali

Upacara yang juga diisi pelantikan taruna mula (mahasiswa baru) STIN ini berlangsung khidmat, namun juga meriah karena diselingi pertunjukan seni para taruna madya dan wira. Antara lain drum corps ‘Gita Sandi Astara Rajawali’, tetabuhan ‘Gita Abra Nusantara Rajawali’, lagu-lagu nasional dan daerah, serta keterampilan berbagai jenis bela diri.

Dalam sambutannya, Kepala BIN Jend Pol (Purn) Budi Gunawan memaparkan, pembangunan Smart Campus “Dr. (HC) Ir. Soekarno” merupakan bagian dari program pengembangan dan modernisasi STIN sebagai kawah candradimuka SDM BIN.

Baca juga : Jokowi Ingin Puteri Indonesia Sukseskan Pelaksanaan KTT G20

Saat ini dan ke depan, kata Budi Gunawan, prajurit intelijen negara menghadapi tugas yang semakin berat dan kompleks seiring perkembangan jenis ancaman keamanan nasional. Sekarang, jenis ancaman muncul akibat perubahan iklim, kemajuan teknologi-siber-kecerdasan buatan, hingga perkembangan nuklir-biologi-kimia atau nubika.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.