Dark/Light Mode

BIN Resmikan Gedung Medical Intelligence ``Wangsa Avatara`` Dan Smart Campus ``Dr. (HC) Ir. Soekarno``

Hadapi Ancaman Perang Hybrid, Kita Semakin Siap

Selasa, 31 Mei 2022 06:40 WIB
Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan dan Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri saat meresmikan Gedung Medical Intelligence “Wangsa Avatara” & Smart Campus “Dr. (HC) Ir. Soekarno” di halaman utama kampus STIN Sentul, Bogor, kemarin.
Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan dan Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri saat meresmikan Gedung Medical Intelligence “Wangsa Avatara” & Smart Campus “Dr. (HC) Ir. Soekarno” di halaman utama kampus STIN Sentul, Bogor, kemarin.

 Sebelumnya 
“Kita tidak boleh terlambat mengantisipasi perkembangan berbagai jenis ancaman eksistensial negara yang terus terjadi. Peluncuran smart campus DR. (HC) Ir. Soekarno ini dan pengembangan STIN lebih lanjut ke depan untuk memastikan postur intelijen kita benar-benar siap mengawal dan melindungi Bangsa dan Negara,” kata KABIN yang juga Guru Besar STIN ini.

Sebagai inspektur upacara, Megawati Soekarnoputri mengapresiasi pemberian nama DR. (HC) Ir. Soekarno untuk kampus baru STIN ini.

Baca juga : BIN Resmikan Smart Campus Dan Medical Intelligence Wangsa Avatar, Bamsoet Beri Jempol

“Sosok Bung Karno tidak hanya dikenal sebagai pemersatu Bangsa, tapi juga identik dengan gagasan dan visi kemajuan yang selalu jauh melampaui zamannya, sebagaimana tercermin dari keberadaan kampus canggih ini,” kata Megawati.

Selama enam tahun memimpin BIN, Prof. Dr. Budi Gunawan, SH, MSi, PhD memang banyak memperbarui STIN agar “menjadi one of leading intelligence universities in ASIA pada 2035.” STIN kini terakreditasi “Perguruan Tinggi Unggul 4.0” dari Badan Akreditasi Nasional (BAN). Program S2 Medical Intelligence di STIN merupakan program studi pertama dan satu-satunya di Asia.

Baca juga : Migor Curah Dikhawatirkan Harganya Meroket Kembali

Smart Campus DR. (HC) Ir. Soekarno berdiri di atas lima hektar tambahan lahan baru kawasan STIN sehingga kini menjadi total 10 ha. Sesuai namanya, area smart campus dilengkapi teknologi tinggi dalam semua aktivitas. Smart class dilengkapi dengan smart board dan LED untuk presentasi materi pembelajaran. Smart library memungkinkan proses peminjaman literatur tercatat secara digital; dan bisa mengakses ratusan ribu e-book secara online, termasuk di Perpustakaan Nasional hingga dari koleksi pribadi Kepala BIN.

Di sini, ada 8 laboratorium berteknologi terdepan, di antaranya laboratorium nuklir, bio molekuler, virtual chemical, siber, IT and Economic Intelligence, hingga laboratorium bahasa dan simulator berbagai perangkat termasuk intelligence drone.

Baca juga : Jokowi Ingin Puteri Indonesia Sukseskan Pelaksanaan KTT G20

Teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI-artificial intelligence) diterapkan untuk efektivitas operasional maupun keamanan. Misalnya, voice recognition dan face recognition yang memungkinkan pengoperasian berbagai perangkat termasuk lift, pendeteksian pergerakan di lingkungan kampus, pengaturan energi, pengolahan limbah untuk circular economy, hingga untuk tracking kemajuan pembelajaran para taruna/ taruni.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.