Dark/Light Mode

Gubernur Jawa Timur dan Wali Kota Surabaya Makin Mesra

Rabu, 1 Juni 2022 14:34 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (ketiga kanan) dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (kanan) dalam peresmian Wisata Air Kalimas Reborn. (Foto: Dok. Pemprov Jatim)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (ketiga kanan) dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (kanan) dalam peresmian Wisata Air Kalimas Reborn. (Foto: Dok. Pemprov Jatim)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemandangan berbeda tampak selama rangkaian peringatan ke-729 Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS). Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tampak begitu "mesra" dengan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Khofifah turut terlibat dalam sejumlah acara yang digelar Pemerintah Kota Surabaya.

Terbaru, Khofifah bersama Eri meresmikan Wisata Air Kalimas Reborn, Selasa (31/5). Eri bahkan secara khusus menjemput Khofifah dengan perahu yang menunggunya di Dermaga Taman Prestasi, yang berada tepat di belakang Gedung Negara Grahadi. Selanjutnya, Khofifah dan Eri melanjutkan perjalanan susur sungai hingga pemberhentian terakhir di Dermaga Siola.

Sebelumnya, Khofifah juga hadir dalam gelaran Surabaya Vaganza dan Festival Rujak Uleg di Kawasan Kya-Kya. Di Surabaya Vaganza, Khofifah dan Eri berjalan kaki bersama dari Siola Jalan Tunjungan hingga ke depan Hotel Majapahit.

Baca juga : Gibran Bisa Menang Di DKI

Sepanjang jalan, keduanya menyapa warga dan melayani permintaan foto bersama masyarakat yang tumpah ruah ke jalan. Sementara, di acara Festival Rujak Uleg, Khofifah ngulek bareng rujak bersama Eri Cahyadi di cobek batu raksasa.

Pemandangan kemesraan Gubernur Jawa Timur dan Wali Kota Surabaya seperti itu nyaris tidak pernah terlihat pada periode sebelumnya. Di periode sebelumnya, Wali Kota Surabaya kerap berseteru dengan Gubernur Jawa Timur.

"Alhamdulillah, Jawa Timur dan Kota Surabaya sekarang jauh lebih nyekrup. Insya Allah, kolaborasi ini membawa kebaikan bagi masyarakat Kota Surabaya," ujar Khofifah di sela peresmian Wisata Air Kalimas Reborn, seperti keterangan yang diterima RM.id, Rabu (1/6).

Baca juga : Puan: Awasi Ketat Harga Minyak Goreng Di Pasaran!

Khofifah mencontohkan, agenda peresmian Wisata Air Kalimas Reborn. Menurutnya, wisata ini sengaja dihadirkan untuk membangkitkan dan memulihkan ekonomi di Kota Surabaya serta membangkitkan pariwisata yang selama dua tahun terakhir tutup akibat pandemi Covid-19.

Khofifah mengatakan, dengan adanya wisata malam Sungai Kalimas, masyarakat tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati suasana sungai yang indah. Di sepanjang Kalimas, masyarakat bisa menyusuri sungai dengan suguhan lampu warna-warni serta berbagai spot foto berlatar gedung-gedung ikonik di Kota Surabaya. Rute wisata air Kalimas Surabaya itu dimulai dari Monkasel hingga ke Siola. Kemudian dari PDAM Jagir sampai ke Barata Jaya.

Eri Cahyadi berharap, ke depannya tidak hanya wisata-wisata yang ada di Surabaya melainkan seluruh sektor. Termasuk UMKM bisa segera bangkit dari keterpurukan ekonomi maupun sosial akibat Pandemi Covid-19.

Baca juga : Terima Kasih Kepada Pejuang Covid, Situasi Makin Membaik

Eri optimistis, Kota Surabaya akan jauh lebih cepat bangkit. Terlebih, Pemprov Jawa Timur memberikan dukungan penuh dalam menggerakkan berbagai sektor-sektor potensial. "Apalagi, kita selalu di-support oleh Bunda Gubernur Jatim, sehingga insya Allah Surabaya bisa menjadi hebat,” pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.