Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bila Pj Gubernurnya Orang Jokowi

Gibran Bisa Menang Di DKI

Rabu, 25 Mei 2022 06:59 WIB
Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka  (tengah) saat berkunjung ke dapur Rakyat Merdeka, Kamis (19/5)
Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka (tengah) saat berkunjung ke dapur Rakyat Merdeka, Kamis (19/5)

RM.id  Rakyat Merdeka - DirekturEksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menilai, jalan Gibran Rakabuming Raka untuk maju di Pilkada Ibu Kota bakal terbuka. Ini jika Penjabat (Pj) Gubernur DKI pengganti Anies Baswedan adalah orangnya Presiden Joko Widodo. Gibran punya kans besar untuk menang. 

“Kemungkinan jika Pj yang ditunjuk, siapapun dia, merupakan orangnya Jokowi. Kalau sudah begitu, jika Gibran maju, kans menangnya ada,” kata Ujang. 

Selain itu, Jokowi juga masih menjabat sebagai Presiden hingga Oktober 2024, sementara Pilkada digelar November 2024. 

Baca juga : Pencemaran Sungai Di DKI Makin Parah

“Hanya jeda sebulan,” ujar pakar politik Universitas Al Azhar Indonesia ini. 

Namun, lanjut dia, saat ini kondisi peta politik masih belum jelas. Elektabilitas tokoh yang masuk ke bursa cagub DKI juga belum terlihat. Pasangan calon juga belum jelas, begitu pula partai koalisinya. 

“Jadi, saat ini sih semuanya masih punya peluang yang sama, siapapun dia,” tuturnya. 

Baca juga : Maman Yakin Pemain Muda Bisa Bikin Mentereng Macan Kemayoran

Seperti diketahui, pemilihan kepala daerah atau Pilkada akan dilakukan secara serentak pada November 2024. Meski masih dua tahun lagi pesta demokrasi itu digelar, beberapa bakal calon Gubernur DKI juga telah muncul dalam bursa nama. 

Nama putra sulung Presiden Jokowi itu saat ini mulai dilirik oleh sejumlah partai politik untuk maju pada Pilkada 2024. Gibran bahkan sempat ditemui sejumlah elite politik. 

Dia bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani. Nama lain dalam bursa pengganti Anies Baswedan juga ada Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria. 

Baca juga : Libur Lebaran, Jokowi Plesiran Ke Bali Bareng Anak-Cucu

Selain menyiapkan Prabowo Subianto sebagai capres, Gerindra juga menyiapkan Riza untuk Pilkada DKI. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani telah menyampaikan perihal ini. Selain Gibran dan Riza Patria, mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Selatan Airin Rachmi Diany yang sempat disebut oleh politikus Gerindra, Mohammad Taufik. 

Dia menyebut, Airin berpeluang maju di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Pengalaman Airin cukup mumpuni, karena sudah pernah memimpin daerah selama 10 tahun di Tangerang Selatan, dan ikut dalam kontestasi politik.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.