Dewan Pers

Dark/Light Mode

Para Gubernur Ngumpul Di Bali

Semua Mata Tertuju Ke Anies Dan Ganjar

Rabu, 11 Mei 2022 06:06 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). (Foto: Instagram Anies Baswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). (Foto: Instagram Anies Baswedan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak Senin (9/5), semua gubernur dari seluruh Indonesia berkumpul di Bali untuk mengikuti rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Meskipun diikuti 34 gubernur, tetap saja di forum tersebut, semua mata tertuju pada 2 kepala daerah yang saat ini punya elektabilitas tertinggi dalam bursa capres. Keduanya, yakni Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

Dalam acara yang digelar tahunan itu, sejumlah gubernur sudah tiba sejak Minggu (8/5) malam di Bali. Namun, ada juga yang baru tiba saat Wapres Ma’ruf Amin membuka rakernas yang digelar di Discovery Kartika Plaza Hotel, Badung, Bali, Senin (9/5). Kegiatan tersebut berlangsung hingga Rabu (11/5).

Bukti kalau Anies dan Ganjar jadi bintang di acara tersebut, bisa dilihat dari postingan foto-foto yang diupload keduanya, di akun media sosialnya masing-masing. Anies yang juga Ketua APPSI periode 2019-2023 itu, membagikan sejumlah foto kegiatannya selama di Bali. Dalam foto-foto tersebut, tampak Anies jadi rebutan foto banyak orang saat berada di lokasi. 

Hal yang sama juga terlihat dari postingan yang dibagikan Ganjar di akun Instagram miliknya. Sejak hari pertama tiba di Bali, Ganjar kerap jadi sasaran foto banyak orang. Termasuk pria-wanita yang memakai seragam ASN Pemprov Bali. 

Berita Terkait : Penumpang Arus Balik Di Pelabuhan Merak Terus Meningkat

Keriuhan makin terlihat, saat kedua kepala daerah yang juga bakal capres ini, bertemu. Adalah Ganjar yang mula-mula menyapa. Orang nomor satu di Jateng yang pada hari itu tampil mengenakan kemeja lengan panjang warna peach bercorak batik dengan ikat kepala khas Bali itu, memanggil Anies dari arah belakang. 

Sapaan itu disambut hangat oleh Anies yang baru saja mengantar Wapres ke kendaraan dinasnya, usai membuka acara tersebut. Anies yang juga mengenakan ikat kepala khas Bali dipadu kemeja kuning corak batik lengan panjang, langsung menyalami Ganjar. Keduanya langsung berbincang-bincang akrab, layaknya sahabat yang baru bertemu. Sesekali Anies dan Ganjar tertawa lepas.

Sontak, momen langka di teras hotel itu, langsung dikerubungi banyak kamera. Baik kamera wartawan maupun peserta acara. 

Tak berapa lama, Ganjar pamit dan berlalu. Sementara Anies pun menuju arah sebaliknya, yakni ke sekitaran aula penyelenggaraan acara.

Berita Terkait : Gobel: Bendungan Bulango Ulu Bakal Perkuat Kedaulatan Dan Ketahanan Pangan

Tidak begitu jelas apa yang diobrolin oleh keduanya dalam pertemuan singkat itu. Anies yang dikonfirmasi wartawan mengaku hanya ngobrol ringan, diantaranya soal keterlambatan Ganjar hadir di acara pembukaan Rakernas APPSI tersebut.

"Beliau menceritakan, tadi pesawatnya delay, sehingga tiba di sini acaranya sudah dimulai," ungkap Anies. 

Menurutnya, tidak ada momen spesial ataupun pembicaraan serius saat keduanya berpapas-papasan. Apalagi ngobrolin Pilpres. Sebab, di mata Anies, Ganjar bukanlah orang lain. Melainkan teman lama yang pernah satu kampus.

"Lho, Mas Ganjar sama saya ini sekampus, kuliah bareng, temenan lama, jadi ya biasa saja. Rutin kita ketemu," tuturnya.

Berita Terkait : Jalur Selatan, Alternatif Bagi Pemudik Jateng Dan Jatim

Anies juga ogah ditanya-tanya soal perkembangan dukungan parpol terhadap rencana maju di Pilpres mendatang. "Ya, kita lagi ngomong APPSI sekarang," tutup Anies sambil berlalu.

Ganjar juga demikian. Seperti biasa, ia terlihat kurang nyaman jika ditanya-tanya soal Pilpres. Soal pertemuan dengan Anies, baginya juga bukan suatu hal yang istimewa. Karena, Anies adalah teman sekampusnya dan sering ketemu. 

"Kamu ini kayak pengamat politik aja. Anies itu teman sekolah saya, gimana," ujar Ganjar.
 Selanjutnya