Dark/Light Mode

Nggak Pakai Jasa Pawang Hujan, Pilih Yang Ilmiah

Jumat, 3 Juni 2022 07:05 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4/2022). (Setpres)
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4/2022). (Setpres)

 Sebelumnya 
Akun @sudarwantoro mencukupkan dengan ilmu pengetahuan tanpa harus percaya pawang hujan. Selebihnya, per­banyak berdoa yang terbaik. “Insya Allah dimudahkan,” kata dia.

“Indikatornya harus berdasarkan sains dan teknologi. Jangan lupa berdoa kepada Allah, semoga diberi kemudahan dan kelancaran ujar @zaifulzurkarna1.

Akun @Maryanto meminta panitia formula E tidak perlu memanggil pawang hujan. Apalagi, sekarang musim kemarau sehingga tidak perlu pawang hujan.

Baca juga : Penjual Hewan Kurban Wajib Kantongi Izin

Akun @nyak_ih_meutuah menilai, keputusan tidak memakai pawang hujan rasional dan ilmiah.

“Jika sempat pakai pawang hujan, maka saya tidak akan nonton balapan Formula E meskipun di TV or YouTube,” ancam dia.

Akun @Robert_Piliang memuji perhe­latan Formula E di Ancol. Pasalnya, telah disponsori 31 perusahaan swasta, tidak ada iklan bir, tidak ada pawang hujan dan tidak menggunakan dana BUMN.

Baca juga : EBT Jadikan Masa Depan Energi Hijau di Indonesia

“Secara resmi menggunakan pawang hujan saat acara memang tidak. Gak usah malu, sekelas Olimpiade Rusia juga pake pawang hujan,” kata @aewin86.

“Pawang hujan juga berdoanya ke Tuhan, cuma medianya saja yang ber­beda dan juga caranya. Hendaknya saling menghargai saja,” imbuh @Devien_lim.

Akun @paul_jas mengingatkan, BMKG tidak bisa menangkal hujan, cuma menginformasikan dan peringatan dini akan cuaca yang akan terjadi. Dia justru khawatir bila benar-benar turun hujan. “Nanti kalau hujan gimana?” kata dia. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.