Dark/Light Mode

Dijelekin Dan Dicuekin Banteng

Kalau Ganjar Dipecat, Ratingnya Bisa Loncat

Jumat, 3 Juni 2022 06:50 WIB
Gubernur Jawa Tengah sekaligus politisi PDIP, Ganjar Pranowo (Foto: Humas Jateng)
Gubernur Jawa Tengah sekaligus politisi PDIP, Ganjar Pranowo (Foto: Humas Jateng)

 Sebelumnya 
Menurut dia, serangan Trimed kepada Ganjar bermotif politik. Serangan dilancarkan sebagai upaya membendung elektabilitas Ganjar yang makin tinggi. “Sepertinya ada yang iri. Saya tidak menyinggung kader lain, tapi ini terasa bermotif politik. Sosok Ganjar tidak diinginkan untuk berkembang,” paparnya.

Menurut Noel, berbagai serangan kepada Ganjar ini justru makin membuat elektabilitas Ganjar naik. Kata dia, lihat saja dalam berbagai survei. Mulai dari isu celeng, sampai bantuan ditolak, tak pernah bikin elektabilitas Ganjar turun. Bahkan, ia yakin, jika Ganjar dipaksa untuk tidak berkembang atau dipecat, rating Ganjar justru akan meloncat.

Baca juga : Erick Dijodohin Sama Ganjar Hingga Khofifah

“Pada akhirnya ini antara pemilik tiket dan suara rakyat. Mana yang akan menang. Head to head-nya seperti itu. Kehendak rakyat atau elite. Rakyat memilih Mas Ganjar,” klaimnya.

Pakar komunikasi politik, Emrus Sihombing memaparkan ada beberapa alasan kenapa belakangan ini kandang banteng begitu bergejolak. Pertama, PDIP ingin menunjukkan ke publik, adanya demokrasi yang membangun kebebasan berpendapat. Karena itu, satu kader bisa saja memberikan masukan atau kritikan.

Baca juga : Di Pameran Adexco 2022, Indonesia Dan Negara Lain Saling Belajar Mitigasi Bencana

Namun, kalau urusan internal partai, kata dia, harusnya kader PDIP tidak membawanya ke publik. “Kalau dibawa keluar, jadi kontra produktif,” kata Emrus, saat dikontak Rakyat Merdeka, tadi malam.

Di sisi lain, kata Emrus, sikap Ganjar yang tidak tegas membuat persoalan tambah pelik. Ganjar selalu ngeles soal pilpres, tapi membiarkan banyak relawan di lapangan yang mendeklarasikannya sebagai capres. Sikap diam Ganjar ini justru dianggap menikmati dukungan itu.

Baca juga : Dosen Univ Bung Karno: Duet Ganjar-Erick Thohir Sangat Kuat di Pilpres 2024

Mestinya, lanjut dia, Ganjar secara gentle menerima atau menolak dukungan yang diberikan dari para politisi lapangan ini. “Sikap diam ini tidak baik. Seha rusnya, Ganjar gentle menerima dukungan itu. Atau dia menjawab ada prosedurnya. Jangan dukung saya karena ada prosedur partai,” kata Emrus. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.