Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Makin Rajin ``Kampanye``

Ganjar Dan Anies Makin Rajin Ke Luar Kandang

Minggu, 10 April 2022 06:25 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kanan).
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kanan).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, dua gubernur yang namanya selalu masuk 3 besar survei capres memanfaatkan betul momentum bulan Ramadan. Keduanya makin rajin “kampanye” ke luar kandang dari daerah kekuasaannya. Namun, mumpung KPU belum menentukan masa kampanye, biarkan Ganjar dan Anies curi start buat tingkatkan elektabilitasnya.

Dimulai dari Ganjar. Dalam sepekan di bulan Ramadan saja, Gubernur Jawa Tengah itu, sudah 3 kali ke luar kandang. Rabu (6/4), Ganjar pergi ke Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Di sana, politisi PDIP itu menjadi penceramah tarawih di Masjid Kampus UGM.

Dua hari berselang, Ganjar terbang ke Medan, Sumatera Utara. Di provinsi yang dipimpin Edy Rahmayadi itu, ada banyak kegiatan yang diikuti Ganjar. Mulai dari menjadi dosen tamu di Universitas Sumatera Utara, mampir ke museum Tjong A Fie, sampai menemui masyarakat keturunan Jawa yang tinggal di Sumatera.

Baca juga : Ganjar Makin Jauh Tinggalkan Puan

Dalam pertemuan itu, Ganjar dikukuhkan sebagai Dewan Pelindung DPP Pujakesuma. Organisasi ini adalah perkumpulan atau wadah orang Jawa yang lahir dan tinggal di tanah Sumatra yang didirikan pada 1980.

Dari Medan, Ganjar tak langsung pulang ke Semarang. Ia lanjut melakukan perjalanan ke Aceh. Di Tanah Rencong itu, Ganjar menghadiri proses pelantikan Korps Alumni Gajah Mada (Kagama) Lhokseumawe Raya bersama Rektor UGM, Prof Panut Mulyono.

Bukan cuma Ganjar yang getol pergi ke luar provinsi yang dikuasainya. Anies juga sama. Gubernur DKI Jakarta itu, juga terpantau beberapa kali melakukan kunjungan ke luar Jakarta. Teranyar, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini, mengisi ceramah salat teraweh di Masjid Kampus UGM.

Baca juga : PKB Mau Rebut Kandang Banteng

Di kampus almamaternya itu, Anies mendapat sambutan meriah. Teriakan “Anies Presiden” lantang diteriaki massa yang hadir di Masjid Kampus UGM. Kehadiran Anies itu serasa dirinya sedang melakukan kampanye sebagai calon presiden.

Benarkah Ramadan jadi ajang kampanye bagi 2 gubernur? Relawan pendukung Anies Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI), Syarief Hidayatullah membantah jagoannya itu, sudah kampanye di bulan Ramadan. Kata dia, Anies hadir ke sana karena diundang, bukan menawarkan diri.

“Dan yang diceramahkan isinya tidak politik praktis. Minta dipilih. Bahwa ada orang yang hadir simpati, tertarik, tentu di luar kendali Anies dan yang mengundang,” kata Syarief, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.