Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Panen Dukungan Di Jatim

Erick Dijodohin Sama Ganjar Hingga Khofifah

Minggu, 29 Mei 2022 09:23 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Patra/RM)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Patra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan kepada Menteri BUMN Erick Thohir di Jawa Timur (Jatim) untuk bertarung pada Pilpres 2024 semakin meluas. Banyaknya dukungan ini dinilai tak lepas dari kedekatan Erick dengan Nahdlatul Ulama (NU).

Dukungan ke Erick ini datang dari beragam latar belakang. Mulai kalangan milenial hingga petani. Para relawan pun menjodoh-jodohkan jagoannya dengan sejumlah tokoh. Ada yang ingin Erick sama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, ada juga yang usul Erick pasangkan dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Baca juga : Jare Sopo Ke Ganjar….

Dukungan kepada Erick di Jatim salah satunya datang dari Komunitas Petani Lumajang. Mereka menggelar deklarasi di Posko Relawan Erick Thohir Lumajang, Kamis (26/5). Cahyono Heru Ningrat, Koordinator Komunitas Petani Lumajang, menyatakan, Indonesia butuh pemimpin masa depan yang memiliki kapasitas dan kepemimpinan muda yang punya visi kebangsaan yang kuat. 

Di hari yang sama, Komunitas Pendalungan untuk Bangsa juga mendeklarasikan diri mendukung Erick, di Pule Cafe and Resto Kecamatan Sukorambi, Jember. Koordinator Tim Komunitas Pendalungan untuk Bangsa, Dahlia mengakui, dukungan komunitasnya karena melihat prestasi Erick saat di Kementerian BUMN.

Baca juga : Haris Pertama Calon Tunggal Kongres KNPI Ternate

Pengamat komunikasi politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing memberi catatan soal dukungan Erick yang menjamur di Jatim, yang merupakan basis massa NU. Erick, kata Emrus, belakangan memang dekat dengan NU. Erick mendapat tugas sebagai ketua panitia Harlah 100 tahun NU. Menteri BUMN ini juga jadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser). 

“Selain itu, sejumlah program Erick dekat dengan pondok pesantren dan santri. Visinya juga sama mengedepankan akhlak, pluralitas, dan menjaga NKRI. Jadi terbuka didukung NU meski secara kelembagaan NU netral,” kata Emrus, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.