Dark/Light Mode

Setelah Dipersatukan Di Formula E, Saling Komen Di Instagram

Anies-Puan Makin Mesra

Senin, 6 Juni 2022 07:58 WIB
Dari kir: Presiden Jokowi, Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua MPR/Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo. (Foto: Instagram/puanmaharaniri)
Dari kir: Presiden Jokowi, Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua MPR/Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo. (Foto: Instagram/puanmaharaniri)

 Sebelumnya 
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto angkat suara soal keakraban Anies-Puan di ajang Formula E. Menurut Hasto, pertemuan Anies-Puan adalah hal wajar. "Bertemu itu kan suatu hal yang baik. Foto selfie bersama itu kan tampilannya suatu yang cukup baik," ujar Hasto, kemarin.

Upaya menjodohkan Anies-Puan ini juga dilakukan elite. Mantan Anggota DPR dari PKS Tamsil Linrung mengungkapkan, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat ini sedang melobi sana-sana agar bisa mempersatukan Anies-Puan. JK sudah beberapa kali menemui Puan. JK melobi anak Megawati Soekarnoputri itu, agar mau berduet dengan Anies.

Baca juga : Formula E Sandingkan Anies-Puan

Menurut Tamsil, JK bukanlah orang 'kaleng-kaleng' dalam urusan lobi-melobi. “Pak JK sudah tiga kali bertemu dengan Puan untuk meminta Puan supaya dia berpasangan dengan Anies," kata Tamsil, Linrung di kanal YouTube Hersubeno Point.

Usaha JK itu, dinilai Tamsil, mulai membuahkan hasil. Terbukti dengan Puan kerap menyampaikan bahwa hubungannya dengan Anies baik. "Jadi ini memberikan indikasi," ujarnya.

Baca juga : Indonesia Makin Wangi Di Dunia

Meski begitu, dia mengakui akan ada hambatan jika Anies-Puan diduetkan. Pasalnya, pendukung keduanya di akar rumput, kerap berseberangan.

Namun, Tamsil yakin, JK akan melakukan sesuatu untuk mewujudkan rencananya itu. “Kalau dia (JK) melakukan sesuatu, itu all out, dan saya kira, dia akan meyakinkan bahwa inilah cara untuk menghentikan pembelahan ini," tandasnya.

Baca juga : Bank DKI Promosi Pembayaran Digital 'JakOne Pay'

Sementara, pengamat politik Ray Rangkuti berpandangan lain. Menurutnya, keakraban Anies-Puan di Formula E belum bisa dijadikan gambaran keduanya akan berduet di Pilpres 2024. Kata Ray, masih terlalu jauh. “Jangan terburu-buru, pilpresnya juga masih lama. Fenomena ini (keakraban Anies-Puan) seperti gelembung air, mudah pecah,” kata pendiri Lingkar Madani ini, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Diungkap Ray, sosok calon yang akan maju di Pilpres 2024 baru akan terlihat pada pertengahan 2023. “Kalau sekarang kan, semua tokoh punya kans. Anies-Puan bisa, Prabowo-Puan bisa, bahkan Ganjar-Puan pun bisa saja, tapi proses ini kan masih lama, masih butuh waktu panjang,” ujarnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.