Dewan Pers

Dark/Light Mode

Nongol Lagi, Kritik Formula E Lagi

Giring Gak Ada Malunye

Selasa, 7 Juni 2022 06:55 WIB
Politisi PSI, Giring Ganesha. (Foto: Instagram @giring).
Politisi PSI, Giring Ganesha. (Foto: Instagram @giring).

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah menghilang di saat masyarakat Indonesia gegap gempita menonton balapan Formula E, kemarin, Giring Ganesha tiba-tiba nongol lagi. Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini “kumat” lagi dengan menyebut Formula E Jakarta jauh dari kata sukses. Warganet yang dari kemarin-kemarin nyari Giring langsung nyerbu.

Sabtu lalu, Formula E sukses digelar dengan lancar. Banyak pihak memberikan ucapan selamat dan memuji kesuksesan balapan itu. Presiden Jokowi, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, yang ikut menonton langsung, juga terlihat senang melihat kesuksesan itu.

Saat banyak orang senang dan memuji Formula E, Giring “menghilang”. Dia tidak muncul di depan publik. Aktivitas medsosnya juga sepi. Saat itu, sampai-sampai banyak warganet yang mencari-cari dia.

Kemarin, tiba-tiba, mantan vokalis band Nidji ini, nongol lagi. Dia bilang, Formula E Jakarta belum bisa dikatakan sukses. Di matanya, ingar bingar dan ramainya penonton yang hadir bukan sebagai tolok ukur suksesnya sebuah acara. Bagi Giring, sukses tidaknya acara bertaraf internasional dilihat dari dampak ekonomi dan sosial ke masyarakat sekitar.

Berita Terkait : Jelang Idul Adha, Mentan Pastikan Pasokan Daging Dan Sapi Aman

"Berhasil lihatnya dari mana? Apakah dilihat dari jumlah penontonnya, apakah dilihat dari jumlah keuntungannya, apakah dilihat dari dampak ekonominya ke masyarakat sekitar DKI Jakarta? Makanya, sukses itu dilihat dari mana? Kalau cuma ramai dan ingar bingar saja sih itu bukan sukses," ucapnya, sinis, saat ditemui wartawan, di kawasan Kuningan, Jakarta, kemarin.

Dia lalu menantang Panitia Penyelenggara Formula E dan Pemprov DKI Jakarta segera membeberkan ke publik, apakah Formula E memberi keuntungan, atau malah justru merugi. Ia mengaku sangat menyesalkan jika acara itu merugi. Sebab, Formula E dibiayai dengan menggunakan pajak warga Ibu Kota.

"Kalau untung, uangnya dipakai buat apa? Terus kalau rugi, siapa yang nanggung? Jangan sampai nanti kalau rugi yang nanggung uang pajak masyarakat," ucapnya.

Giring menegaskan, pihaknya akan terus mengkritisi Formula E Jakarta. Alasannya, acara tersebut bukan program prioritas bagi warga DKI. Menurutnya, ada sejumlah persoalan lain yang seharusnya menjadi prioritas Pemprov DKI. Misalnya, banjir, polusi, kemacetan, hingga pemulihan ekonomi pasca pandemi.

 

Berita Terkait : Di Samping Jokowi, Formula E Sandingkan Anies-Puan

Kritik Giring ini tak membuat Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni panas. Dia justru mengajak Giring untuk menyukseskan Formula E di tahun berikutnya.

"Tahun depan kita sukseskan Pak. Terima kasih Pak, atas motivasinya," tulis Sahroni di akun Instagram @ahmadsahroni88, sambil mengunggah tangkapan layan media online yang memuat berita kritikan Giring, kemarin.

Namun, di akhir tulisannya, Sahroni seakan meledek balik Giring dengan meminta tanggapan warganet para pengikutnya. “Bagaimana menurut sahabat semuanya?” tutupnya.

Beda dengan Sahroni, para warganet, terutama dari kalangan pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, terlihat sewot. Mereka pun ramai-ramai meledek Giring. Bahkan, ada yang sampai membuat meme.

Berita Terkait : Jokowi: Semua Yang Baik, Kami Dukung

Akun twitter @BuronanMabes mengunggah foto meme berisikan Giring, Grace Natalie, dan Guntur Romli di atas podium juara Formula. Giring juara I, Grace juara II, dan Guntur juara III. Dalam foto tersebut, Giring mendapat hadiah seekor kambing jantan berwarna putih coklat. “Untuk bro and sis yang menjadi juara Jakarta E-Prix 2022,” tulisnya.

Akun @YopiekaSyaputra sangat heran dengan penilaian Giring soal Formula E. "Kasihan amat hidupnya. Kalau yang begituan nggak sukses. Jadi yang sukses itu gimana ya," cuitnya.

Saking sewotnya, akun @P_Shiepa sampai mengatai Giring sosok yang nggak tahu malu. "Inilah sosok manusia yang tidak punya rasa malu," tulisnya.

"Nah ini dia orangnya baru nongol. Ke mana aja lo Ring?" ledek @AinuSalim. "Dia hanya ingin populer, tapi dengan cara mencemari harga dirinya. Biarkan saja," timpal @metrosoerya. [MEN]