Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Apresiasi Kinerja Presiden Dan TNI/Polri

Bupati Mimika Eltinus Omaleng Deklarasi Dukung DOB Papua

Rabu, 15 Juni 2022 16:55 WIB
Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika bersama ribuan masyarakat mendeklarasikan dukungan pemekaran Daerah Otonomi Baru, Provinsi Papua Tengah, di Gereja Mile 32, Rabu (15/6). (Foto: Ist)
Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika bersama ribuan masyarakat mendeklarasikan dukungan pemekaran Daerah Otonomi Baru, Provinsi Papua Tengah, di Gereja Mile 32, Rabu (15/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika bersama ribuan masyarakat menyatakan komitmennya untuk mendukung Kebijakan Otonomi Khusus (Otsus) Jilid II dan Pemekaran Daerah Otonomi Baru, Provinsi Papua Tengah.

Deklarasi dukungan ini dilakukan di Gereja Mile 32, Rabu (15/6), dan dipimpin langsung Bupati Mimika Eltinus Omaleng. Hadir sejumlah tokoh dari partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, perempuan, serta dihadiri perwakilan tiap kerukunan daerah yang berada di Mimika.

Deklarasi ini merupakan wujud dukungan kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah terbukti berkontribusi banyak untuk pembangunan di Papua.

Baca juga : Festival Pasar Senggol Turki, Kulineran Plus Nikmati Musik Angklung Di Istanbul

"Terima kasih dan penghargaan kepada bapak Presiden Joko Widodo atas perhatian serius membangun Papua, dan terima kasih kepada pemimpin TNI/Polri menjaga Kamtibmas di Papua," kata Eltinus Omaleng.

Dia juga menyampaikan dukungan penuh dari Forkopimda Kabupaten Mimika untuk rekonsiliasi menuju Papua damai.

"Kami Bupati Mimika, Ketua DPRD, tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh pemuda wilayah adat Meepago, mendukung penuh rekonsiliasi menuju Papua damai," bebernya.

Baca juga : Kapolri Bangun Ruang Demokrasi Buat Warga

Hingga saat ini, Pemda Mimika selalu konsisten mendukung segala bentuk kebijakan Pemerintah Pusat yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

"Mendukung penuh kebijakan Pemerintah Pusat tentang DOB dan menerima keputusan Mimika menjadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah. Kita mendorong sosialisasi keberlanjutan otonomi khusus demi kesejahteraan masyarakat wilayah adat Meepago," ungkap Eltinus.

Sebagai kalimat penutup deklarasi, dia meminta semua masyarakat Papua untuk bersama-sama mendukung kebijakan Pemerintah Pusat yang sudah menetapkan pemekaran provinsi Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan Tengah. 

Baca juga : Kapolri Berkomitmen Bangun Ruang Demokrasi Yang Positif Untuk Jaga Persatuan

Juga, keberlanjutan otonomi khusus menuju Papua damai, sejahtera, bermartabat dan menjadi tuan di negeri sendiri. "Meepago bisa, Meepago bisa, Meepago bisa," serunya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.