Dark/Light Mode

Rajin Blusukan

Mbak Puan, Kejarlah Ganjar!

Kamis, 16 Juni 2022 07:30 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani menyampaikan sambutan saat Kickoff Meeting P20 di Hotel JW Marriot, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (15/6/2022). Kickoff Meeting P20 itu mengangkat tema Stronger Parliament For Sustainable Recovery. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa).
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani menyampaikan sambutan saat Kickoff Meeting P20 di Hotel JW Marriot, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (15/6/2022). Kickoff Meeting P20 itu mengangkat tema Stronger Parliament For Sustainable Recovery. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa).

 Sebelumnya 
“Kunjungan kerja ini dalam rangka mendengarkan aspirasi masyarakat untuk disalurkan lewat fungsi legislasi, pengawasan, dan anggaran yang menjadi kewenangan DPR,” kata Puan, kemarin.

Beberapa bulan terakhir Puan memang rajin blusukan ke sejumlah daerah. Di tahun 2022 ini, Puan sudah tiga kali blusukan. Diawali dari akhir Februari lalu. Saat itu Puan wara wiri di Jawa Timur. Surabaya, Gresik, Lamongan, hingga pulau terkecil di Madura dia sasari.

Dua bulan setelahnya, Puan kembali melakukan blusukan. Tepatnya pada 26 dan 27 April. Kali ini yang disasarnya adalah markas Ganjar Pranowo; Jawa Tengah.

Baca juga : Vaksin Perdana PMK Telah Tiba Di Indonesia

Apa kata PDIP soal Puan rajin blusukan? Apakah untuk mendongkrak eletabilitas Puan? Menurut politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno, semua blusukan Puan bukan untuk mencari popularitas dan elektabilitas. Apalagi kejar-kejaran dengan kompetitornya di Pilpres mendatang.

“Semua dilakukan pertama-tama merupakan bentuk tanggung jawab sebagai Ketua DPR yang harus rajin menyerap aspirasi masyarakat dan gigih memperjuangkan realisasinya. Jadi popularitas dan elektabilitas bukan tujuan utamanya,” tandas Hendrawan kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Senada dikatakan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. Menurut dia, Puan melakukan blusukan kapasitasnya sebagai Ketua DPR. Menurut dia, fungsi legislasi, anggaran dan representasi yang dijalankan Puan sangat erat dengan rakyat.

Baca juga : Ribuan Emak-Emak Banten Deklarasi Dukung Ganjar Capres 2024

“Politik legislasi, anggaran, dan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan memerlukan komunikasi intens dengan rakyat dan hal itu sangat penting dalam seluruh proses politik yang ada di DPR,” ujar Hasto.

Pengamat pun menilai langkah yang dilakukan Puan bisa mendongkrak elektabilitasnya. Direktur Eksekutif Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC), Dimas Oky Nugroho menilai, semua upaya Puan tidak akan sia-sia. Jika dikaitkan dengan efek elektoral dan popularitas tentunya akan ada proses ke arah sana.

“Karena toh ada sosialisasi dan kerja politik sebagai sosok yang berniat maju sebagai salah satu kandidat yang kompetitif dalam Pilpres 2024 nanti,” tukas Oky saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Wayan Sudirta: Pendidikan Kader Bekal Pengabdian Kepada Rakyat

Untuk diketahui, dalam berbagai survei, elektabilitas Puan masih kalah dari Ganjar. Misalnya, pada survei terbaru Charta Politika, elektabilitas Puan hanya 1,8 persen, sedangkan Ganjar 36,5 persen. Ganjar menjadi tokoh yang memiliki elektabilitas tertinggi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.