Dark/Light Mode

Geser Sofyan, Hadi Tancap Gas Bereskan Sengketa Lahan Hingga IKN

Kamis, 16 Juni 2022 08:23 WIB
Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto menyampaikan keterangan pers usai dilantik Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)
Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto menyampaikan keterangan pers usai dilantik Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hadi Tjahjanto resmi dilantik menjadi Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) menggantikan Sofyan Djalil. 

Mantan Panglima TNI ini mengungkapkan,  dirinya diamanatkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan tiga persoalan di bidang agraria dan tata ruang sampai 2024 nanti.

"Tugas pertama adalah menyelesaikan masalah sertipikat milik rakyat,” ujar Hadi usai dilantik di Istana, pada Rabu (15/6).

Baca juga : NOC Indonesia Dan Hungaria Mantapkan Kerja Sama Peningkatan Prestasi Olahraga

Pria berkumis tebal in mengungkapkan, dari target 126 juta sertipikat hak atas tanah bagi masyarakat telah direalisasikan sebanyak 81 juta sertipikat.

“Di lapangan permasalahannya apa, apakah permasalahan itu masih K2 atau K3 itu juga akan kita selesaikan. Tentunya berkoordinasi dengan instansi terkait supaya segera terealisasi untuk sertipikat milik rakyat tersebut,” tuturnya.

Kedua, menyelesaikan masalah  sengketa tanah. “Sengketa tanah itu kemungkinan juga overlapping antara milik institusi atau dengan milik satuan lain dengan milik rakyat. Ini yang akan kita selesaikan,” katanya.

Baca juga : Andika Janji Optimalkan Pengamanan Di IKN

Terakhir, Hadi akan fokus menangani tanah dan tata ruang di pekerjaan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. .

“Terkait dengan tanah di IKN, yang sudah disampaikan tadi, itu akan kita segera selesaikan,” 
kata Hadi.

Untuk itu, Ia akan bekerja sama dengan instansi terkait untuk menyelesaikan tiga persoalan tersebut.

Baca juga : Peringati Hardiknas, Firli Kenang Perjuangan Masa Sekolah Hingga Jabat Ketua KPK

“Nantinya, saya akan bekerjasama dengan instansi terkait, dalam hal ini dalam menyukseskan tiga masalah tersebut,” pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.